Melihat Praktik Siswa Di SMKN 2 Tahuna Pada Masa Pandemi Covid-19

by


Tahuna – Kabarmanado.com -Pembelajaran yang bermakna dan kontekstual semakin relevan di masa pandemi ini. Pembelajaran ini akan melatih kecakapan hidup siswa.

Ketika sekolah ditutup untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, kegiatan belajar mengajar di sekolah dipindahkan ke rumah. Siswa belajar di rumah dari guru mengajar dari rumah. Namun, metode itu tidak selalu cocok bagi sekolah menengah kejuruan karena siswa harus mempraktikkan teori yang telah mereka dapat.

Aturan baru pun dikeluarkan Kemendikbud RI agar siswa bisa praktik di masa Pandemi Covid-19 ini yakni bisa praktik di Skolah dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kepala SMK Negeri 2 Tahuna, Drs Mangesihi Junior Karaeng belum lama ini di Sekolahnya mengatakan, saat ini para siswanya sedang melalukan praktik di Sekolah.

“Dalam praktik di masa pandemi Covid-19 kali ini siswa per jurusan keahlian datang parktik di sekolah dengan cara bergantian dan hanya 5 – 7 orang siswa per hari yang hadir setiap jurusan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19,” Jelas Mangesihi.

Lanjut Mangesihi, Penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Kami gelar praktik siswa di Sekolah dengan menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” Kata Mangesihi.

Lanjut dia saat ini ada 356 siswa yang tersebar di 6 program keahlian yakni Kuliner, Kecantikan, Busana, Perhotelan, Keperawatan dan Farmasi, dan praktik sudah dilaksanakan sejak bulan Oktober lalu.

Sementara menurut Dra Ismike N Abas guru Perhotelan ini menyampaikan, dalam sehari para siswa praktik dibagi beberapa shif agar tidak ada penumpukkan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Pihak DuDi juga dihadirkan sebagai guru tamu untuk memberikan pemahaman kepada para siswa,”Jelas Ismike.

Penulis : Julkifli Madina