Mendorong Penguatan Program Menengah Kejuruan

by
Santje Terok mewakili Kepala Dinas Dikda Sulut saat memberikan sambutan pada penutupan kegiatan. (Foto: Zulkifli Madina)

Manado – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus menunjukan kelebihannya lewat jurusan keahlian yang dimiliki sekolah masing – masing. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, Dr Grace Punuh MKes melalui Sekretaris Dinas Santje Terok SPd saat menutup kegiatan Penguatan Program Menengah Kejuruan  tingkat Provinsi Sulut di Hotel Grand Puri Manado, Sabtu (11/08/2018).

Santje mengungkapkan, kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama Dikda Sulut itu, adalah kesempatan untuk dijadikan momentum bangkitnya SMK lewat berbagai program strategis yang telah dibahas bersama selam 3 hari mulai 9 -11 Agustus 2018. “Saya berharap semoga materi – materi penguatan program yang telah diterima ratusan Kepala SMK di Sulut akan dapat membawa SMK agar lebih baik kedepan,” ungkap Santje.

Dia menambahkan, selama kegiatan para kepala sekolah telah diberikan materi tentang kebijakan pembinaan SMK, petunjuk teknis pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan program bantuan Takola, Video Confference. Selain itu juga dengan proses pematangan rancangan peraturan Gubernur Sulut terkait tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. “Semoga dilakukan pembahasan agar segera dituangkan menjadi Peraturan Gubernur yang akan memayungi berbagai kebijakan untuk kemajuan SMK,” ujar Santje.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Paulus Tamaka mengatakan, kegiatan yang strategis itu sangatlah diperlukan dengan menyamakan persepsi dalam penguatan program dan kebijakan pemerintah pusat dan daerah. “Untuk penguatan program ini para kepsek akan menuangkan dalam hasil kongkrit yaitu mampu membuat rencana tindak lanjut yang akan diimplementasikan di sekolah,” kata dia.

Lanjut Tamaka, itu semua untuk membangun dunia pendidikan yang lebih siap menyambut revolusi industri 4.0 di abad ke -21 yang sudah di ambang mata.

 

Penulis : Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.