Menerapkan Teknologi Pengolahan Produk Pangan Pada Kelompok PKK Kolongan Atas Dua Sonder, Minahasa

by

PKM Fapet Unsrat 2019

Sonder – Desa Kolongan Atas Dua, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa memiliki kaum wanita aktif dalam berbagai organisasi, baik organisasi gerejawi maupun organisasi sosial lainnya seperti PKK.

Kelompok PKK di Desa Kolongan Atas Dua Sonder ini punya tujuan utama yaitu sebagai organisasi yang dibentuk dalam rangka tanggungjawab dan peran kaum wanita, atau Ibu-ibu untuk menunjang berbagai kegiatan sosial di Desa dan membangun kehidupan keluarga yang sejahtera.

Kegiatannya ini bergerak di bidang kesenian, olahraga, keterampilan, sosial dan kegiatan lainnya. Kegiatan dan lomba cukup aktif diiukuti oleh para Ibu-ibu termasuk lomba masak berbagai menu .

Hal ini yang mendorong tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Peternakan (Fapet) Unsrat tahun 2019 yang diketuai oleh Ir. Youdhie H.S. Kowel, M.Si dan Dr. Ir. Betty Bagau, MP didampingi oleh Teknisi dan Dosen Laboratorium Teknologi Hasil Ternak (THT) yaitu Christina S. Junus, S.Pt. dan Dr. Ir. Sofi M. Sembor, MP  untuk membagi dan mentrasfer ilmu pengetahuan dalam rangka meningkatkan keterampilan ibu-ibu sekaligus meningkatkan pendapatan keluarga dengan mengolah bakso dan nugget berbahan baku daging babi.

Selain itu adanya potensi wisata di Sonder memungkinkan berkembangnya wisata Kuliner yang dapat bersumber pada produk olahan daging babi apalagi ditunjang pula oleh mayoritas penduduk tidak berpantangan mengkonsumsi daging babi.

Permasalahan yang diamati yaitu:

1).Masih kurangnya  pemahaman tentang penggolahan bakso dan nugget daging babi yang lezat, aman dan higienis.

2).Ibu-Ibu PKK belum pernah menerima pembekalan dan keterampilan tentang membuat bakso dan nugget yang higienes, mudah dan murah  hasil keterampilan sendiri.

Berdasarkan hal yang diamati sekaligus mengefektifkan waktu pertemuan, sambil meningkatkan keterampilan ibu-ibu dilaksanakanlah kegiatan ini dengan memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada wanita PKK Desa Kolongan Atas dua  Kecamatan Sonder sebagai mitra tentang pengaturan variasi menu keluarga (sumber gizi protein hewani) dan Mendemonstrasikan cara pembuatan bakso dan nugget yang bergizi dan higienis berbahan baku daging babi.

Kehadiran dan yang diterapkan oleh Tim mendapat respons yang begitu positif apalagi dengan turut hadirnya Ketua PKK Desa Kolongan atas Dua Sonder yaitu ibu Jeane Najoan Watung, yang begitu bersemangat mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan memotivasi ibu-ibu untuk terus meningkatkan keterampilan demi kesejahteraan keluarga.

Terimakasih buat ibu-ibu PKK Desa Kolongan Atas Dua Sonder, semoga apa yang kami bagikan bermanfaat bagi ibu-ibu sekalian. (*)

Pelaksana Program: Joudhie H.S. Kowel dan Betty Bagau. Fakultas Peternakan UNSRAT 2019.

Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.