Menjadi SMK Pusat Keunggulan Sektor Hospitality, SMKS Katolik ST Familia Tomohon Terus Berbenah

oleh -92 views

Tomohon, Kabarmanado.com -SMK Swasta Katolik ST Familia Tomohon pada Tahun 2021 ini terpilih menjadi Sekolah Pusat Keunggulan sektor Hospitality (pelayanan) dalam bidang Perhotelan.

Kepala SMKS Katolik ST Familia Tomohon, Sr. Tetty Sabaria Sitorus, S.Si,.M.Pd saat ditemui di Sekolah pada Selasa (22/06) memyampaikan, dirinya sangat bersyukur karena Sekolahnya terpilih sebagai SMK Pusat Keunggulan di Sulut.

“Menjadi pusat keunggulan sebuah pendidikan meupakan harapan setiap sekolah. SMK kami adalah salah satu sekolah yang ditunjuk menjadi pusat keunggulan,”ungkapnya.

Lanjutnya, dengan menjadi pusat keunggulan maka kualitas pendidikan akan sesuai dengan standar kompetensi keahlian. Program ini juga untuk meningkatkan fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan Induka (Industri dan Dunia Kerja), sehingga lulusan yang berkompeten sesuai industri dan dunia kerja.

“Bukan hanya fasilitas dan bangunan yang mewah yang akan kita bangun, tetapi lebih kepada budaya kerja terutama budaya kerja perhotelan,” tambahnya.

Lanjutnya, sekolah ini akan mengembangkan kurikulum dengan industri, guru tamu, guru harus bersertifikat magang dari industri, Praktik Kerja Lapangan dan sertifikasi magang. Selain itu sekolah harus memiliki budaya kerja yang sesuai dengan industri yang ada dan yang terakhir adanya penyerapan lulusan di industri.

“Program SMK Pusat Keunggulan merupakan perwujudan visi Presiden Joko Widodo terkait pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dan Upaya mewujudkan keselarasan antara SMK dengan dunia kerja dapat ditempuh melalui pemenuhan delapan aspek link and match,”katanya.

Dijelaskan Kepsek, SMK Pusat Keunggulan untuk menjadi penggerak bagi sekolah lainnya agar meningkatkan kualitas dan kinerja sehingga mampu mencapai standar dunia kerja. Dengan begitu, jumlah lulusan SMK yang memperoleh pekerjaan dan berwirausaha dalam satu tahun setelah kelulusan akan mengalami peningkatan.

“Denga karakter yang unggul, diharapkan SMK kami bisa mengimbaskan keunggulannya, bisa menjadi pelatih sehingga unggulnya bersama-sama. Program SMK Pusat Keunggulan bukan bertujuan untuk membentuk sekolah favorit atau menjadikannya “menara gading” bagi sekolah lainnya. Namun, sebagai tempat bersama untuk mengembangkan SMK yang ada di lingkungannya. “Intinya, adanya kolaborasi sekolah yang ada di sekitarnya, SMK Pusat Keunggulan menjadi pengimbas bagi SMK lain,”ungkapnya.

Dijelaskannya, Keberadaan SMK pusat keunggulan dengan kualitas baik dapat memutuskan mata rantai kemiskinan, walaupun hanya setahap demi setahap yang dapat dilakukan.

“Standar yang diterapkan, tidak hanya dari bentuk kurikulum, guru dan fasilitas, tetapi siswa akan dibekali oleh keterampilan berbahasa asing, sehingga kedepannya kualitas dari lulusan SMK memenuhi kebutuhan lapangan,”kata dia.(Kifli).

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.