Menkes Lihat Langsung Vaksinasi Massal Bagi Lansia di Unsrat Manado

by


Manado, kabarmanado.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Utara (Sulut) dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado bersama RSUP Prof Kandou melakukan vaksinasi pencegahan Covid-19 massal kepada Lanjut Usia (Lansia), Jumat (05/03/2021), di Auditorium Unsrat.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin didampingi Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene dan Rektor Unsrat Manado Ellen Joan Kumaat memantau pelaksanaan vaksinasi ini.

Vaksinisasi massal yang diikuti ribuan lansia ini tetap dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mengukur suhu tubuh guna mencegah penularan virus Covid-19.

Warga lansia yang ingin mengikuti vaksinisasi massal ini harus melalui sejumlah tahapan seperti registrasi dan screening terlebih dahulu di depan auditorium, lalu kemudian langsung menuju ke dalam auditorium untuk divaksinasi.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut rapat pelaksanaan vaksinasi lansia covid-19 Kementerian Kesehatan bagi dosen, tenaga kependidikan Unsrat, suami/istri serta orang tua dari dosen tenaga kependidikan yang berusia 60 tahun keatas.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal yang dihadiri banyak lansia.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Ir Budi Gunadi Sadikin CHFC, CLU dalam konferensi pers mengatakan, Pandemi Covid – 19 butuh waktu yang lama untuk menghilangkannya, maka dari itu program vaksinasi untuk lansia ini menjadi prioritas.

Pandemi ini Kata Menkes, tidak bisa hilang dalam enam bulan atau satu tahun, tetapi dengan adanya perubahan perilaku dari kita semua itu bisa mengurangi laju penularannya dengan kita menerapkan protokol kesehatan.

“Saya terharu para lansia yang hadir saat ini sangat semangat untuk melakukan vaksin,’ujar Sadikin.

Sementara itu Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan, Hari ini ada kegiatan vaksin massal di Auditorium Universitas Sam Ratulangi dan ini adalah vaksinasi massal yang ke tiga di laksanakan di UNSRAT.

Rektor mengharapkan, dalam waktu dekat ini seluruh dosen UNSRAT bisa di vaksin karena, kita harus terus menghadapi banyak mahasiswa yang harus kuliah offline.

Rektor juga kembali berharap, kerjasama ini untuk terus berlanjut dengan Kementerian Kesehatan dalam hal ini Rumah Sakit Umum Pusat Prof. R. D. Kandou.

Turut mendampingi Menteri Kesehatan adalah Ketua Komisi IX DPR RI Ibu Felly Runtuwene SE dan Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr. Maxi Rondonuwu.

Reporte : Aldy
Editor : Kifli

tenor