Minum Kopi Gratis, MCA Menyeduh 395 Cangkir Kopi

by

Manado – Beberapa kali mereka melakukan pertemuan yang terdiri  berbagai elemen komunitas, pencinta bahkan pebisnis kopi di Sulut. Mulai dari komunitas Kawanua Menyeduh, Barista Manado, owner kedai/rumah kopi, supplier dan petani kopi di Sulut.

Kini ide pembentukan Asosiasi Kopi Manado atau Manado Coffee Association (MCA) siap dikonkritkan melalui deklarasi.

Victor Waloni selaku Ketua Panitia Deklarasi, didampingi Sekretaris Renato Gaucho mengatakan, gelaran deklarasi rencananya akan dilaksanakan pada hari Jumat 3 Agustus 2018 mulai jam 5 sore, bertempat di halaman parkir kantor Dinas Pariwisata kota Manado di kawasan bisnis Mega Mas Manado.  “Ada beberapa kegiatan dalam rangka deklarasi MCA ini antara lain diskusi publik tentang produk kopi, deklarasi itu sendiri dan brewing atau menyeduh kopi secara masal sebanyak 395 cangkir kopi,” ucap Waloni.

Renato menambahkan, event itu mengangkat tema 395 yakni masih dalam rangkaian perayaan ulang tahun kota Manado tercinta ke 395 tahun. Sekaligus persiapan menuju event dalam rangka perhelatan akbar pariwisata yakni Manado Fiesta pada tanggal 31 Agustus sampai 9 September 2018. “Lebih dari 50 kedai kopi yang kami undang dan terlibat dalam kegiatan ini. Masyarakat dapat menyaksikan serta menikmati kopi lokal secara gratis pada saat acara berlangsung yang so pasti heboh dan seru,” Renato.

Drevy Malalantang,Direktur Stiepar Manado yang menjadi pembina komunitas perkumpulan terkait kopi ini mengatakan, misi dari dibentuknya asosiasi ini yakni untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas sumber daya manusia (SDM) berdasarkan standar kerja nasional. Juga  peningkatan ekonomi melalui pengembangan bisnis terkait dengan produk kopi. Selain itu juga mengangkat produk kopi lokal Sulut seperti kopi koya Tondano, Tonsea, Kotamobagu ke kancah internasional, dan menjadikan kopi sebagai salah satu tren dan brand wisata Kota Manado.  “Teman-teman yang tergabung dalam asosisiasi ini bertekad kopi lokal ke depan akan menjadi salah satu tren dan brand pariwisata. Dengan kata lain kalau turis ke Manado harus merasakan nikmatnya kopi Manado dan suasana minum kopi di rumah rumah kopi sebagai place of interest,” ujar Malalantang sambil menambahkan, termasuk membawa pulang kopi lokal Manado.

Sejumlah undangan telah disebar, dan selain dari komunitas, owner rumah kopi dan pencinta kopi, juga akan hadir perwakilan pemerintah dan Dinas terkait seperti Dinas Perkebunan, Pertanian dan Dinas Perindag.

 

Penulis: Ishak Kusrant

tenor

2 thoughts on “Minum Kopi Gratis, MCA Menyeduh 395 Cangkir Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published.