MKKS SMK Se-Sulut Sukses Digelar di SMKN 1 Lolak Bolmong

by
Kadis Dikda Sulut Grace Punuh (tengah) memberikan sambutan kegiatan MKKS SMK di Bolmong.

Bolmong – Kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Sulawesi Utara sukses digelar di SMK Negeri 1 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow pada Kamis 20 Juni 2019.

Kegiatan akbar di dunia pendidikan khususnya SMK yang dihadiri para pemimpin sekolah tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh M Kes dan  Sekretaris Dikda, Semuel Daniel Vileo Dondokambey, SE, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Debby Mamangkey, Kacabdin Kabupaten Kota serta para Kepsek SMK Se-Sulut.

Dalam pesan yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes bahwa MKKS SMK harus menjadi forum pendidikan yang mampu meningkatkan mutu pendidikan di Sulut dan mampu menjawab semua tantangan kedepan diera revolusi industri 4.0. “Lulusan SMK harus mampu menyiapkan siswa siswi yang siap kerja dan diterima didunia kerja dunia industri,” ungkap Punuh.

Peserta MKKS SMK dari Seluruh Kepala SMK Se-Sulawesi Utara.

Lanjut Punuh, jangan sampai lulusan SMK nanti tidak terpakai pada dunia usaha dan dunia industri (DUDI) karena  kurang keahlian. “Perhatikan hubungan SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), semakin ditingkatkan serta kurikulum yang berbasis kebutuhan industri. Sekarang ini kita balik, bukan lagi supply based, tetapi demand based. Jadi kurikulum berbasis permintaan (industri),” ujarnya.

Ketua MKKS SMK Sulut, Moodie Lumintang yang juga Kepala SMK Negeri 1 Manado ini mengatakan, SMK harus mampu menyiapkan lulusan SMK yang siap pakai di DUDI dan dengan forum MKKS SMK ini dibahas semua terobosan yang harus disiapkan menghadapi itu. “Kami sekolah siap meluluskan siswa yang siap kerja dan bisa menghadapi revolusi industri 4.0,” jelas Lumintang.

Kata dia, semua persoalan yang dihadapi di SMK dibahas di forum ini dan langsung mencari solusinya dan ini lebih lengkap karena dihadiri Kadis Dikda Sulut dr Grace Punuh MKes dan para petinggi di Dinas Pendidikan Sulut. “Hanya dengan pertemuan seperti ini semua masalah yang dihadapi dapat dicari solusi,” ungkap Lumintang.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.