Naskah Akademik Ranperda Pendidikan Tersusun

by

MANADO – Setelah melalui pembahasan alot selama seminggu, bertempat di Hotel Travelo Manado Jumat (17/10/2019), akhirnya Draft akademik Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pendidikan sukses disusun oleh para tim penyusun dari kalangan akademisi, para pejabat Dikda, ketua MKKS SMA dan SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) dr Grace Punuh MKes sangat bersyukur sekali draft tersebut bisa tersusun. “Saya sangat bersyukur karena draf naskah akademik Ranperda bisa selesai sesuai harapan,” ucapnya saat menutup kegiatan.

Dia berharap konsep yang sudah disusun oleh para akademisi bisa meningkatkan mutu pendidikan di Sulut. “Kami targetkan Ranperda ini bisa disahkan menjadi Perda Pendidikan pada Bulan Februari 2020 nanti,”harapnya.

Kata Punuh, draft ranperda pendidikan ini akan dilanjutkan dibahas di Biro Hukum dan selanjutnya akan dibawah ke DPRD Sulut untuk disahkan. “Semoga Ranperda ini bisa disahkan menjadi Perda oleh DPRD Sulut sehingga payung hukum dunia pendidikan akan ada di Sulut,” jelas Punuh.

Sementara itu melalui Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) Disdikda Sulut  Dra. Voni Tambuwun mengatakan, Ranperda menjadi payung hukum untuk dunia pendidikan Sulut. Artinya, semua yang berkaitan dengan dunia pendidikan dari siswa guru kepsek dan  pengawas orang tua/masyarakat dilibatkan.

Tentu dengan harapan, dunia pendidikan akan semakin berkualitas kemudian dengan adanya payung hukum boleh membawa dampak yang  baik untuk semua dan bermanfaat  untuk masyarakat. “Terutama mencerdaskan  kehidupan anak bangsa, jadi ada banyaknya dibahas didalamnya,” kata Tambuwun

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.