Naskah Ranperda Pendidikan Sulut Siap Difinalkan Jadi Perda

by

MANADO – Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara sudah 3 hari ini, sejak Senin 14 Oktober 2019 menggelar kegiatan untuk menjadikan Rancangan Peraturan
Daerah (RANPERDA) menjadi Peraturan Daerah (PERDA) di Hotel Travello Manado mulai Senin – Jumat 14-18 Oktober 2019.

Kepala Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes pada Rabu (16/10/2019) malam saat hadir pada rapat pleno Ranperda tersebut mengatakan, penyusunan Ranperda pendidikan menjadi Perda Pendidikan sudah hampir rampung khususnya untuk naskah akademik ranperda penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan. “Memang kita di Sulut sampai saat ini belum memiliki Perda Pendidikan dan ini sangat bagus untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sulut nanti kalau sudah ada Perdanya,”ungkap Punuh.

Kata Punuh, semua persoalan selama ini di dunia pendidikan akanlah terjawab jika ada Perda Pendidikan. “Kami target pada bulan Februari 2020 Perda Pendidikan ini sudah dapat di Sahkan di DPRD Sulut dan meminta kepada DPRD Sulut agar bisa mendukung terbentuknya Perda Pendidikan ini,” ujar Punuh.

Sementara itu Narasumber sekaligus tim penyusun Ranperda Pendidikan, Prof Dr Sjamsi Pasandaran mengungkapkan, pembahasan Naskah akademik ranperda penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan Provinsi Sulut sudah ada 90 persen. “Ya kami sudah susun ranperda pendidikan ini ada 25 Bab dan 126 pasal dan tinggal 10 persen akan rampung Ranperda Pendidikan ini dan banyak hal yang dituangkan dalam bab dan pasal ini terkait penyelenggaraan pendidikan,”kata dia.

Kata Pasandaran, untuk naskah akademik ada 3 fungsi yakni dengan memberikan landasan, enpirik, ilmiah, isih dan arah dan ini menjadi muatan dalam naskah akademik.

Diketahui, Ranperda Pendidikan ini setelah dirampungkah naskahnya akan dibahas di biro Hukum, Bapeda dan instansi terkait serta di DPRD nantinya dan Ranperda pendidikan ini akan rampung pada Kamis (17/10/2049) dan pada, Jumat (18/10/2019) besok akan dilakukan penutupan kegiatan.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.