Operasi Patuh Samrat 2019, Tekan Korban Lakalantas, Ini Delapan Sasaran Utamanya

by
Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol I Gusti Putu Ngurah Gunawan bersama jajaran Dishub, Jasa Raharja dan Dispenda. (Foto: Ishak/KM).

Manado – Polda Sulawesi Utara (Sulut) mulai melakukan Operasi Mandiri Kewilayahan Patuh Samrat 2019 selama 14 hari ke depan, sejak 29 Agustus hingga 11 September mendatang.

Persiapan operasi kepolisian di bidang ketertiban lalulintas ini, diawali dengan Apel Gelar Pasukan yang dipimpin Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Alex Mandalika di lapangan upacara Mapolda, Kamis (29/8/2019) pagi.

Apel ini ditandai dengan penyematan pita oleh simbolis oleh Wakapolda kepada tiga perwakilan personel, masing-masing dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan.

Kapolda Sulut, Irjen Pol R. Sigid, Tri Hardjanto dalam sambutan yang dibacakan Wakapolda mengatakan, keselamatan merupakan sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas, dan mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas yang mantap.

Sasararan Operasi Patuh 2019 yaitu: 

1.Pengemudi menggunakan ponsel; 

2.Pengemudi melawan arus

3.Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu

4.Pengemudi dibawah umur

5.Pengemudi dan pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI

6.Pengemudi kendaraan mengemudi menggunakan narkoba

7.Pengemudi mengemudi melebihi batas kecepatan yang ditentukan

8.Kendaraan transportasi yang menggunakan lampu strobo / rotator dan sirine yang bukan peruntukannya.

Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol I Gusti Putu Ngurah Gunawan. (Foto: Ishak/KM).

Himbauan Dirlantas Polda Sulut:

Sementara itu, Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol I Gusti Putu Ngurah Gunawan mengatakan, Operasi Patuh ini untuk menekan korban siah-siah di jalan terutama yang maninggal dunia, karena itu masyarakat harus mematuhi rambu-rambu lalu-lintas. “Dengan operasi ini, akan meningkatkan silatuhrahmi dengan semua stake holder, terutama masyarakat dan petugas, baik polisi maupun satuan lainnya, sehingga masyarakat akan sadar dan patuh terhadap aturan lalu Lantas,” lugasnya.

Turut hadir dalam apel tersebut, para Pejabat Utama Polda Sulut, Dinas Perhubungan, Pejabat POM TNI serta Jasa Raharja.

Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.