Pasien JKN-KIS Masih Diharuskan Beli Obat Diluar Faskes? Laporkan ke BPJS Kesehatan

by
dr. Prabowo Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado. (Foto: Ishak Kusrant / kabarmanado.com)

Manado – Jika pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) masih menerima resep dokter untuk membeli obat di luar Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti rumah sakit dengan alasan obat tidak tersedia, agar peserta JKN-KIS melaporkan ke pihak BPJS Kesehatan untuk segera ditindak lanjuti.

Hal tersebut ditegaskan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado dr Prabowo kepada kabarmanado.com di selah-selah pertemuan dengan awak media tentang pelayanak kesehatan bagi peserta JKN-KIS yang akan mudik lebaran, Rabu (27/5/2019).

Menurut dr Prabowo, jika masih ada peserta JKN-KIS yang harus diwajibkan membayar biaya obat dan membeli diluar Faskes maka segera melaporkan ke pihak BPJS Kesehatan untuk kami tindak lanjuti. “Semua biaya telah dibayarkan oleh pihak BPJS Kesehatan, termasuk obat-obatan jadi kalau ada pasien atau peserta JKN-KIS masih dibebankan untuk membeli obat diluar maka segera laporkan agar pihak Faskes atau dokter tesebut akan diberikan sanksi tegas,” terang Prabowo

Kepala BPJS Kesehatan Manado dr. Prabowo didampingi Kadis Kesehatan kota Manado, dan Direktur Pelayanan Medis Rumah Sakit Pancaran Kasih. (Foto: Ishak Kusrant).

Probowo menambahkan, pihaknya siap melayani laporan masyarakat peserta JKN-KIS jika ditemukan masih ada Faskes yang membebankan obat untuk dibeli. “Kita akan panggil pihak rumah sakit dan jika obat terlanjur dibeli oleh pasien bisa di klaim kembali,” tandasnya.

Sementara itu soal pelayanan kesehatan saat mudik lebaran Prabowo mengatakan, untuk semua klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan selain rumah sakit atau Faskes, wajib melayani masyarakat peserta JKN-KIS, meski peserta JKN-KIS berasal dari luar kota Manado mulai dari tanggal 29 Mei – 13 Juni 2019, namun diluar tanggal itu, pelayanan kembali seperti biasa. “Ini dilakukan agar seluruh masyarakat peserta JKN-KIS tetap mendapat pelayanan kesehatan meski sedang melakukan mudik lebaran,” ungkapnya.

Penulis: Ishak Kusrant
Editor: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.