Pecah Rekor Kepsek Tercepat, Rompas Pimpin Kepala SMKN 1 Bitung Hanya Dua Jam

by

Manado – Wakil Gubernur Sulut, Drs Stevwn Kandow mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, melantik 65 kepala SMA dan SMK di Sulut pada, Selasa (07/01) malam di ruangan Mapalus Kantor Gubernur.

Ternyata pelantikan tersebut menyisakan tanda Tanya besar. Seperti pelantikan yang terjadi kepala Kepala SMKN 1 Bitung dan SMKN 5 Bitung.

Memang Nasib malang dialami Kepala SMK Negeri 5 Bitung, Rompas Maxi Frans Absalon. Pasalnya beliau adalah yang paling tercepat memimpin Kepsek SMKN 1 Bitung yang hanya dua jam setelah itu dipindahkan lagi kembali pada tempatnya semula sebagai Kepala SMKN 5 Bitung.

Memang sebelumnya ada juga kejadian seperti ini yakni Kepsek SMAN 2 Manado, Djefri Ombong dalam waktu 3 hari beliau memimpin di SMA yang ada di Tondano dan ditarik kembali memimpin lagi sebagai Kepala SMAN 2 Manado.

Dalam persoalan yang bertanda tanya kali ini, Kepala SMK Negeri 5 Bitung, Rompas Maxi Frans Absalon dilantik berdasarkan SK Gubernur nomor 821.1/BKD/SK/3/2020 tertanggal 7 Januari 2020 menjabat Kepala SMKN 1 Bitung menggantikan Kepsek yang lama, Treesia L Tengker yang saat ini telah menjadi pengawas.

Rompas sudah menghadiri dan membacakan sumpah dan janjinya dihadapan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandow yang saat itu memimpin pelantikan diruangan mapalus kantor Gubernur tersebut.

Informasi yang dihimpun kabarmanado.com bahwa Rompas Maxi Frans Absalon usai pelantikan, dirinya bersama Kepsek yang baru diangkat yang menempati posisinya di SMKN 5 Bitung atas nama Mieske Jemima Makadada SPd sebelumnya menjabat Wakil Kepala SMKN 1 Bitung itu, dipanggil Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulut, Femmy Suluh diruangannya untuk melakukan perubahan penempatan Kepsek dimana katanya Rompas masih tetap memimpin di SMKN 5 Bitung. ” Memang Ada kedekatan antara Meiske dengan Gubernur Sulut. Sehingga dia yang masuk sebagai Kepala SMKN 1 Bitung, padahal sudah ada SK dan dibacakan adalah Rompas,” ungkap sumber.

Persoalan ini terkuak saat dilaksanakan serah terima jabatan para Kepsek SMA/SMK di Dikda Sulut pada Jumat (10/01) pagi, dimana nama Rompas Maxi Frans Absalon seharusnya menjabat sebagai Kepala SMKN 1 Bitung sesuai SK Gubernur yang dibacakan lalu, tidak ada “hilang” namanya yang dibacakan pada Serah Terima tadi pagi.

Saat dikonfirmasi kebenarannya pada Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulut, Femmy Suluh pada Jumat (10/01) pagi usai melakukan Sertijab para Kepsek di ruang SDM Dikda Sulut mengatakan, memang ada terjadi kesalahan nomenklatur pada SK Gubernur yang dibaca oleh stafnya saat pelantikan.

” Ya maklum staf saya mungkin sudah kelelahan sehingga mereka salah ketik,” ungkap Suluh saat ditanyai sejumlah wartawan pos pendidikan Sulut.

Kata Suluh, perubahan dilakukan dua jam saat usai pelantikan tersebut dan mereka berdua dipanggil menghadap.

” Dalam SK kan ada penulisan yang paling bawah apabila ada terjadi kekeliruan di kemudian hari bisa ditinjau kembali.,” ungkap Suluh.

Katanya, khusus untuk Sertijab Kepala SMKN 1 Bitung akan dilakukan pada hari yang lain, ini karena Kepsek yang baru sedang izin berada diluar Daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut, dr Grace Punuh MKes saat dikonfirmasi menyebutkan, dirinya menyerahkan persoalan tersebut ke pihak BKD.

“Kita kan hanyalah mengusulkan, tapi yang menentukan itu adalah Baperjakat. SIlahkan tanyakan ke BKD langsung,” kata Punuh.