Peduli Lingkungan, Puluhan Ormas Bersatu Menolak PT. Tambang Mas Sangihe

oleh -105 views

Puluhan Ormas yang tergabung dalam Save Sangihe Island melakukan Deklarasi tolak tambang mas.(Foto: istimewah).


Sangihe, kabarmanado.com – Sebanyak 25 Organisasi Kemasyarakat ( Ormas ) bersatu menyatahkan sikap menolak kegiatan pertambangan diwilayah Kabupaten Sangihe oleh PT Tambang Mas Sangihe (TMS).

Ketua Save Sangihe Island (SSI) dalam orasinya saat pelaksanaan Deklarasi tolak tambang mas di lokasi Pelabuhan Jeti Bolivar Tahuna pada Sabtu (03/04).

Menurut Yul Takaliuang sebagai warga Sangihe  menolak kegiatan tambang dan ini menjadi komitmen bersama 25 Organisasi Masyarakat (ORMAS) yang hadir deklarasi.

“Perusahaan tambang ini sangatlah merusak lingkungan dan mengancam kehidupan anak cucu mendatang,”ungkap Yul.

Kata dia, PT TMS ini mengkapleng 42.000 Hektar sesuai Izin Usaha Produksi (IUP) dan Dokumen Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL) merupakan perbuatan melanggar Hak Azasi Manusia (HAM) sebab kehidupan masyarakat Sangihe pasti berdampak dari kegiatan pertambangan.

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan semua elemen masyarakat, ini baru awal  masih panjang untuk meneruskan perjuangan.” ujar Yul

Ditambahkannya, Perjuangan untuk mencabut dan membatalkan Ijin Usaha Pertambangan dan dokumen AMDAL menjadi komitmen bersama bahkan sampai ke Presiden dan Kementrian berkompoten.

“Dalam deklarasi ada sebanyak 25 ORMAS yang menyatahkan dukungan membuktikan keseriusan mempertahankan tanah leluhur untuk kehidupan nanti,”ungkapnya.

Lanjut dia, Kegiatan Pertambangan otomatis membuat kerusakan apalagi dilakukan dalam skala besar.

Deklarasi penolakan tambang mas ditandai penandatanganan petisi mendesak Presiden mencabut Ijin.(Kifli).

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.