Pementasan SGMS 2019, SMKN 4 Manado Tampilkan Tarian Danau Tondano

by

Manado – Proram Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Tahun 2019 sukses digelar melalui pementasan pagelaran seni dan budaya yang diselenggarakan di Ruang SDM Dikda Sulut pada Jumat (13/12).

Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara ini, melatih ratusan siswa – siswi menyalurkan bakat mereka dibidang seni dan budaya.

Pada pementasan pagelaran seni dan budaya yang di buka Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh berlangsung meriah.

Ada 21 sekolah SMA/SMK/SLB adu kebolehan dalam tampilan mereka diantaranya yaitu SMK Negeri 4 Manado yang saat ini dipimpin Kepsek Jenner Rein Rumerung.

SMKN 4 Manado menampilkan tarian Danau Tondano yang merupakan tarian kreasi baru yang dilatih oleh guru seni, Tania Rumagit lulusan sastra Unsrat Manado ini.

Tarian Danau Tondano yang dibawahkan oleh 5 Siswa – Siswi dari SMKN 4 Manado ini, menceritakan tentang dua anak Tonaas yang berada di sebuah gunung yang ada di Tondano dan kedua anak tersebut saling jatuh cinta.

” Ada 5 Siswa – Siswi yang dilatih menjadi penari dan mereka diajarkan tentang treatical Dans yang mengangkat cerita minahasa tentang asal mula Danau Tondano,” ungkap cewek yang murah senyum ini.

Kata Tania, mereka diajarkan selama 4 Bulan dan ada 30 kali pertemuan.

” Mereka diajarkan dasar tarian dan gerakan yang mau dipakai seperti apa,” ungkap Tania lulusan Sastra 2019 ini.