Pemprov Genjot Pembangunan Jalan KEK Pariwisata Bandara – Likupang

by
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat meninjau rencana proyek jalan KEK Pariwisata Bandara Sam Ratulangi - Lipukang beberapa bulan lalu.

Manado – Pemprov Sulut terus memacu proyek pembangunan jalan dari Bandara Sam Ratulangi ke Likupang.

Pembangunan infrastruktur jalan tersebut untuk menunjang rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang atau Likupang Tourism District. “Pengerjaan jalan sampai saat ini sudah mencapai 75 persen atau sekira 1 Kilo Meter untuk  pengerjaaan fisiknya,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulut, Steve Kepel, pada Senin (15/10/2018).

Kepel menjelaskan, pembangunan jalan Bandara Likupang untuk meningkatkan akses ke jalan wisata. “Jalan ini juga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempersingkat waktu tempuh dari bandara sam ratulangi ke KEK Pariwisata,” jelas Kepel.

Kata dia, jalan Bandara – Likupang akan dibangun sepanjang 31.5 kilometer dari Bandara hingga ke Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara. Jalan yang akan dibangun itu ada empat segmen. Segmen 1 Bandara-Talawaan sepanjang 4,6 kilometer, segmen 2 Talawaan Tatelu 2,75 km, Segmen III Tatelu – Wasian 4,1 km, dan terakhir Segmen IV Wasian-Marinouw 20,1 km.

Kata Kepel, untuk saat ini pemerintah baru memulai pekerjaan dengan membebaskan lahan padat penduduk di segmen Tatelu-Wasian. “Pengerjaan fisik sudah mencapai 1 km atau sudah  sekitar 75 persen dan semoga tahun ini dengan budget 18 mliar dari APBD Sulut tahun anggran 2018 akan segera tuntas,” ungkapnya.

Lanjut Kepel, tahun depan akan diupayakan ada ketambahan dana APBN sekitar 90 Miliar untuk mempercepat proyek pembangunan jalan bandara ke Likupang tersebut.

 

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.