Pemprov Sulut Akan Fasilitasi Guru dan Siswa pindah ke daerah

by
Dua guru asal Sulut Pengungsi Kerusuhan Wamena yang baru tiba di Pelabuhan Samudra Bitumg.

Manado – Ratusan warga Sulawesi Utara (Sulut) dari Wamena yang kembali di kampung halaman di Sulut akan dibantu Pemerintah Provinsi Sulut untuk kepengurusan kepindahan.

Menurut Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Sulut Mecky Onibala yang diwakili Sekretaris Badan Kesbang Pol Drs Denny Rantung saat menjemput para warga Sulut di Pelabuhan Bitung Sabtu (12/10/2019) malam menyampaikan, selain membantu warga Sulut untuk mengungsi di Wamena dan kembali ke kampung halaman di Sulawesi Utara, Pemprov juga akan membantu mengfasilitasi mereka khususnya para guru dan siswa yang ingih pindah ke Sulut. “Ada guru SMA, SMK, SMP dan SD serta para siswa yang akan pindah kami akan berikan penanganan khusus dengan membantu mereka untuk pindah,” ungkapnya.

Lanjut Rantung, memang SMA sudah wilayah Pemprov, namun untuk SMP dan SD akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kota. “Sekarang kami prioritaskan bagi yang mau pulang dulu kembali ke Sulut dan kedepan seperti apa tindakan,akan kami bantu untuk difasilitasitasi,” jelas Rantung.

Denny Rantung Sekretaris Kesbang Pol Sulut.

Sementara Yoksan Aramanak, warga Sulut yang menjadi guru Fisika selama 5 tahun di SMA Negeri 1 Asologaima 30 kilo meter dari Wamena Papua ini mengungkapkan, sangat bersyukur bisa keluar dari Wamena karena kondisi disana waktu itu sangat mencekam sehingga membuat dirinya beserta keluarga sudah trauma, begitu juga istrinya yang seorang guru SMP di Wamena. “Rencana mau pindah karena memang kami sudah trauma dan kalaupun pikiran untuk kembali tetap khawatir,” ungkap guru 3 T ini.

Lanjut dia, dirinya bersama istrinya sudah trauma untuk kembali dan berencana ingin pindah ke Sulut dan meminta Pemerintah agar bisa membantu menfasilitasi mereka.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.