Pendaftaran Bayi Baru Lahir dalam Program JKN-KIS

oleh -501 views
Kepala Cabang Manado BPJS Kesehatan Prabowo menerangkan, terkait Perpres yang menjabarkan beberapa penyesuaian aturan di sejumlah aspek.

Manado – Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 mengubah beberapa aturan terkait implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Selain itu juga regulasi yang awalnya diterbitkan masing-masing instansi, Perpres ini juga menyempurnakan aturan sebelumnya.

Kepala Cabang Manado BPJS Kesehatan Prabowo menerangkan, Perpres tersebut menjabarkan beberapa penyesuaian aturan di sejumlah aspek.
Dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2018, bayi baru lahir dari peserta JKN-KIS wajib didaftarkan ke BPJS Kesehatan paling lama 28 hari sejak dilahirkan.

“Aturan ini mulai berlaku 3 bulan sejak Perpres tersebut diundangkan. Jika sudah didaftarkan dan iurannya sudah dibayarkan, maka bayi tersebut berhak memperoleh jaminan pelayanan kesehatan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” ujar Prabowo.

Khusus untuk bayi yang dilahirkan dari peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), maka secara otomatis status kepesertaannya mengikuti orang tuanya sebagai peserta PBI. Untuk bayi yang dilahirkan bukan dari peserta JKN-KIS, maka diberlakukan ketentuan pendaftaran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) pada umumnya. Yaitu proses verifikasi pendaftarannya memerlukan 14 hari kalender, dan setelah melewati rentang waktu itu, iurannya baru bisa dibayarkan. “Oleh karenanya, kami mengimbau para orang tua untuk segera mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS, agar proses pendaftaran dan penjaminan sang bayi lebih praktis,” papar Prabowo, Rabu (19/12/2018).

Penulis: Ishak Kusrant

tenor

One thought on “Pendaftaran Bayi Baru Lahir dalam Program JKN-KIS

  1. 251274 132840Ive been absent for a whilst, but now I remember why I used to adore this website. Thank you, I will try and check back much more often. How often you update your internet site? 790642

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.