Pengecekan Instalasi Listrik Gratis di SMAN 8 Manado dari PLN Paniki

by

Manado – Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional yang telah diperingati pada tanggal 4 September 2019, maka PLN melaksanakan berbagai macam kegiatan salah satunya yaitu kegiatan Pengecekan Instalasi Listrik gratis ke Lembaga Pendidikan dan salah satu sekolah yg dipilih adalah SMA Negeri 8 Manado.

Imsakyna Ramadhai, Pejabat Pelaksana Keamanan, kesehatan & keselamatan lingkungan (K3L) PLN Paniki Manado Selasa (17/9/2019) mengatakan, sudah ada beberapa sekolah yang dilakukan pemeriksaan oleh LIT-TR. “Kami turun ke lapangan melakukan pemeriksaan dan apabila hasil pemeriksaan tidak aman maka LIT-TR akan mengeluarkan surat rekomendasi perbaikan instalasi,” ungkap Ramadhai.

Lanjut dia, tujuan pemeriksaan yaitu salah satunya untuk mengetahui layak atau tidaknya instalasi tersebut. “Ya kalau jika tidak layak maka akan membahayakan dan bisa menyebabkan kebakaran, untuk itu mengecek instalasi juga sebaiknya 10 tahun sekali, itu adalah salah satu cara utk mengetahui layak atau tidaknya instalasi listrik sekolah atau rmh,”kata dia.

Dijelaskannya, memang dalam kurun waktu 10 tahun bisa saja ada kabel yang sudah rusak akibat panas ataupun gigit binatang seperti tikus. “Setelah dilakukan pemeriksaan dan perbaikan di SMAN 8 Manado, mereka sudah layak walaupun pada sistem instalasi ada yang sebagian instalasi lama pada setiap PHB tidak ada sistem pembumian dan instalasi lama terdapat saluran pengantar yang harus di perbaiki serta saluran PE tidak sampai kotak kontak serta warna pada kabel tidak sesuai untuk peruntukkannya,” ungkapnya.

Sementara menurut Kepala SMA Negeri 8 Manado, Mediatrix Maryani mengatakan, dirinya sangat bersyukur sekolah mereka dapat kunjungan dari pihak PLN Paniki dan mengadakan pemeriksaan jaringan instalasi listrik. “Kami senang PLN datang memeriksa instalasi listrik dan hasilnya sangat memuaskan dimana tidak ada kekawatiran yang serius karena instalasi masih aman disini,” katanya.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.