Peningkatan Pendidikan di Era Kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey

by

Manado – Capaian kinerja bidang pendidikan melalui Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut selama 3,5 Tahun pada HUT Provinsi Sulut Ke-55 menunjukkan kenaikkan yang sangat siknifikan semenjak dipimpin oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw dan Sekretaris Daerah, Edwin Silangen.

Menurut Kepala Diknas Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes bahwa terobosan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey telah mampu membawah pendidilan Sulut semakin maju, dimana telah mampu melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK )Tahun 2019 yakni 100 % dengan Integritas yang tinggi, dan berani jujur. “Kami juga dapat penghargaan bagi SMA dan SMK di Sulut berupa Penghargaan Anugrah Kihajar Tahun 2017 dan 2018,” ungkap Punuh.

“Ini adalah bukti dari Gubernur Olly Dondokambey, SE atas kepedulian dan Komitmennya terhadap pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan dan Kebudayaan yang diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI,” katanya lagi.

Lanjutnya, Gubernur Mengajar secara langsung menggunakan kelas Maya ke 10.000 siswa dan masuk MURI sebagai Gubernur pertama yang mengajar secara langsung via Video Confrence ke 10 lokasi berbeda dengan jumlah siswa terbanyak di tanggal 2 mei 2018. “Ada juga capaian Dinas Dikda kerjasama dengan Kemendikbud bidang Guru dan tenaga kependidikan dalam pembuatan dan pemakaian Aplikasi Simpak Online Bagi Pengurusan Penilaian Angka Kridit(PAK) dengan menggunakan Teknologi sehingga mengurangi tatap muka langsung, mempercepat dan mengurangi KKN dalam pengurusan PAK tahun 2019,” jelas dia.

Ungkapnya, Dikda juga bekerjasama dengan POS Indonesia menggunakan PO.BOX 8888, serta penerimaan peserta didik baru (PPDB) online berbasis zonasi di 160 sekolah di provinsi Sulawesi utara. “Kami juga melahirkan banyak siswa – siswi berprestasi yaitu siswa berprestasi diantaranya Yohana Regar Juara Komite Puteri meraih Medali Emas dan di kirim ke tingkat kejuaraan dunia, Imanuel Taro Satoshi Roeroe Medali Emas di World Matematic Internasional di Seol Korea, dan Guru Berdedikasi tingkat Nasional asal Sulut Silvia Maramis, S.Si,” kata Punuh.

Dijelaskan Punuh, prestasi dibidang pendidikan sangat banyak dan ini berkat berja keras keluarga besar Dikda Sulut yang selama ini terus bersama – sama memajukan mutu pendidikan di Sulut.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.