Pentingnya Penilaian Kepsek, Guru, dan Pengawas Berprestasi

oleh -734 views
Pemilihan guru, kepala sekolah (kepsek), dan pengawas TK, SD, SMP, SLB, SMA serta SMK berprestasi dan berdedikasi.

Manado – Belum lama ini Pemprov Sulut melalui Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) menggelar pemilihan guru, kepala sekolah (kepsek), dan pengawas TK, SD, SMP, SLB, SMA serta SMK berprestasi dan berdedikasi. Kegiatan tingkat Provinsi Sulut itu digelar, pada 17 – 22 Juli 2018 akhir pekan lalu, di Hotel Sahid Kawanua Manado.
Kepala Dinas Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan itu bertujuan mendorong semangat guru, kepala sekolah, dan pengawas agar terus berprestasi. “Kami menilai prestasi yang dicapai oleh guru yang meliputi kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan professional maupun peran serta atau sumbangsih guru kepada masyarakat,” ujar Punuh.
Dia mengatakan, pemilihan tersebut untuk menetapkan prestasi yang dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran secara lebih merata dengan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru, kepsek dan pengawas dalam pelaksanaan tugas.
Olga Maria Wahani STh SPd MPd sebagai tim penilai mengatakan, dalam penilaian yang dilakukan sesuai acuan pada pedoman dan juknis guru dan pengawas berprestasi yang sudah ada. “Pemilihan di tingkat nasional juga dipakai acuan tersebut untuk mengangkat profesi terhormat seorang guru, kepsek dan pengawas dalam membangun komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan,” ujar Wahani yang juga Kepala SDN 01 Manado ini.
Wahani mengatakan, dalam penilaian itu dilihat bagaimana pemerataan sekolah dan juga dapat meningkatkan disiplin para guru kepsek dan pengawas. “Mereka dapat meningkatkan mutu pendidikan secara kelembagaan dan menjadi motivator sekolah tersebut dan mereka juga menjadi teladan bagi sekolah yang lain,” ujar instruktur penilaian kinerja guru tingkat provinsi ini.
Menurut dia, pemilihan tersebut juga untuk meningkatkan kinerja, disiplin, dedikasi dan loyalitas untuk kepentingan masa depan bangsa dan negara serta meningkatnya harkat, martabat, citra dan profesionalisme guru dan menumbuhkan kreatifitas dan inovasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.