Perdana di Bolmut, SMKN 1 Kaidipang Lakukan Ujian Sekolah Pakai Sistem Android

by

Bolmut – Perkembangan teknologi saat ini terus mengalami peningkatan diikuti dengan perkembangan zaman dan juga semakin memudahkan sistem pendidikan di Indonesia.

Untuk menjawab dan mengikuti perkembangan teknologi saat ini, maka mulai tahun ini, salah satu Sekolah yang berada di Sulawesi Utara memanfaatkan android dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

SMKN 1 Kaidipang adalah salah satu sekolah pertama di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) yang memanfaatkan android pada ujian sekolah yang digelar 2-6 Maret 2020.

“ Ya baru sekolah kami di wilayah Bolmut yang menggelar ujian berbasis android dan ini adalah yang pertama sekolah kami lakukan,” ungkap Kepala SMKN 1 Kaidipang, Moh Anshar Nusa SPd MSi, kepada Kabarmanado.com, melalui pesan Whatshapp Selasa (3/12/2019).

Kepsek menjelaskan, sistem android diterapkan pada 178 siswa kelas XII, sementara untuk siswa kelas X dan XI masih menggunakan ujian kertas.

Cara kerja sistem ini adalah siswa memanfaatkan telepon genggam masing-masing kemudian membuka aplikasi yang sudah disiapkan pihak sekolah dan aplikasi tersebut berisi pertanyaan dan format pengisian jawaban.

“ Dengan sistem ini tentunya bisa menghemat lebih dari 50% anggaran untuk ujian. Nanti di semester genap pada bulan Mei 2020 semua siswa mulai kelas X, XI dan XII akan melaksanakan ujian berbasis android,” lanjut dia.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Bolmut, Patra Kapiso S.Pd mengatakan, apa yang dilakukan SMKN 1 Kaidipang merupakan terobosan yang sangat luar biasa yang patut dicontohi oleh SMA/SMK yang lain khususnya di wilayah Bolmut.

“ Dengan perkembangan zaman yang sudah memasuki 4.0 memang diwajibkan kita untuk bisa beradaptasi dengan teknologi dan jangan sampai kita ketinggalan sedikitpun,” Tegas Kapiso.

Lanjut Kacabdin, memang sebagai seorang Kepsek seharusnya dia bisa berkreasi dan berinovasi dengan melahirkan ide yang baru demi untuk meningkatkan mutu pendidikan.