Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, Unsrat Posisi 31

oleh -664 views
Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat DEA MSC

Manado – Di pertengahan tahun 2018, Unsrat meraih peringkat ke 31 dalam urutan universitas terbaik se Indonesia, klasterisasi non vokasi yakni untuk Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi.

Pengumuman ini dilakukan dalam perayaan Hut RI ke 73 tahun 2018 di di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, baru-baru ini.

Urutan peringkat ini melonjak dari posisi sebelumnya di tahun 2017 yakni Unsrat menduduki posisi 47, tahun 2016 posisi 43 dan tahun 2015 pada posisi peringkat 70 se Indonesia.

Di era kepemimpinan Rektor Unsrat, Prof Ir Ellen Joan Kumaat, Unsrat banyak menorehkan prestasi yang membuahkan pengakuan dari Kemenristekdikti di mana beberapa penilaian utama dari klasterisasi peringkat ini didasarkan pada beberapa hal. Antara lain, kualitas SDM mencakup kualitas tenaga dosen dan kependidikan, kualitas kelembagaan, yang mencakup akreditasi institusi dan program studi. Selain itu kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kualitas inovasi. “Ini hasil yang sangat menggembirakan dan membanggakan, pastinya hasil kerja keras semua civitas akademika Unsrat sehingga perlahan namun pasti nama Unsrat mulai diakui di mata perguruan tinggi secara nasional maupun internasional,” tutur Kumaat.

Kumaat mengatakan, dengan hasil itu maka Unsrat akan terus giat bekerja dan berkarya sehingga peringkat yang didapat bisa terus dikembangkan dan mudah-mudahan tahun 2019 akan lebih naik lagi. “Ini kepercayaan besar sekaligus juga tantangan agar prestasi ini bisa terus dikembangkan, minimal tahun depan bisa masuk 10 besar masuk dalam klaster 1. Dibutuhkan kerja sama dan topangan dari semua pihak,” tambah Kumaat.

Juru Bicara Unsrat, Hesky Kolibu ST MT mengatakan,  prestasi itu selain membuat nama Unsrat kian diperhitungkan juga berdampak positif pada hal lainnya seperti penambahan kuota beasiswa bidikmisi, revitalisasi, serta peningkatan biaya operasional perguruan tinggi. “Gengan adanya perhatian dan pengakuan dari Kemenristekdikti ini bisa membuat nama Unsrat kian harum bahkan menuju cita-cita sebagai kampus berkelas dunia,” ujar Kolibu.

 

Penulis: Yoseph E Ikanubun

tenor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.