Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2018 di Sulut

by
Kepala BKSDA Sulut Agustinus Rante Lembang (kanan) saat memberikan keterangan pers. (Foto: Ishak Kusrant/kabarmanado.com)

Manado – Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN)  tahun 2018 akan dipusatkan di kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 28-31 Agustus 2018 dan rencananya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan sejumlah kabinet kerja.

Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Sulut, Ir Agustinus Rante Lembang MSi mengatakan, kegiatan HKAN 2018 dilaksanakan di kota Bitung karena di sana terdapat taman alam dan kawasan konservasi.

Agustinus menjelaskan, kegiatan HKAN akan dipusatkan di Batuputih dengan mengusung tema “Harmonisasi Alam dan Budaya”. Menurut dia, tema tersebut diangkat dalam rangka menyelaraskan nilai budaya dan adat sejalan dengan upaya-upaya konservasi sumberdaya alam yang harus dijaga dan dipelihara dengan baik. Karena akan menjadi satu kekuatan dalam pengelolaan sumberdaya alam secara bertanggung jawab. “Rangkaian kegiatan HKAN 2018 mulai dari Jambore Nasional Konservasi Alam dan Pemeran  Konservasi Alam, serta produk unggulan yang akan dihadiri oleh kurang lebih 600 orang peserta dan utusan daerah dan provinsi yang jumlahnya bisa mencapai 1000 orang,” ucap Agustinus, Kamis (23/08/2018).

Putra Toraja ini yang sebentar lagi memasuki masa pensiun menambahkan, agar seluruh masyarakat Sulut  bisa datang dan meluangkan waktu untuk mengunjungi pemeran konservasi alam dan produk unggulan dalam rangka HKAN tersebut. “Kegiatan ini terselenggaran atas kerjasama BKSDA Sulut, pemerintah kota Bitung dan Provinsi Sulut, serta Kementrian Kehutanan,” kata Agustinus.

 

Penulis : Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.