Perketat Prokes, SMKN 1 Kaidipang Mulai Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

oleh -322 views


Bolmut, Kabarmanado.com – Masuk pada zona aman kasus Covid-19, akhirnya Pemerintah Bolaang Mongondouw Utara membuka Sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.



SMK Negeri 1 Kaidipang pun telah memulai pembelajaran tatap muka terbatas mulai Senin (30/08) dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang sangat ketat.

SMK Negeri I Kaidipang yang dipimpin oleh Kepala sekolah Ansar Nusa ini, membuka PTM berdasarkan tindak lanjut dari Surat edaran Gubernur Sulut Nomor: 420/21.4086 /Sekr-Dikda tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas disatuan pendidikan PAUD/RA/SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/SLB dimasa pandemi COVID-19 saat ini.

“Kami perketat prokes Covid-19 yakni wajib pakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir guna memutus penyebaran Corona dilingkungan pendidikan,”ungkap Kepsek Ansar.

Pada PTM terbatas ini kata Kepsek, Sekolahnya telah mempersiapkan strategi khusus.

“Jadi kita buat strategi dengan membatasi setengah dari jumlah total siswa yang ada disekolah saat ini. Contohnya, jumlah siswa kita totalnya ada 778 jadi kita bagi menjadi dua untuk minggu ini 50 persen belajar disekolah, berikutnya 50 persen sisanya. Selain itu untuk jam belajarnya setiap hari yang sebelum pandemi 9 jam kita perkecil menjadi 6 jam,”jelas Kepsek.

Ansar juga mengungkapkan bahwa untuk siswa dari 50 persen yang tidak melaksanakan belajar tatap muka disekolah minggu ini bukan berarti diliburkan oleh pihak sekolah.

“50 persen yang tidak hadir minggu ini tetap diawasi oleh guru dan diberikan beban tugas,”ungkapnya.

Lanjut Nusa, Sekolahnya telah menyiapkan tempat cuci tangan di depan Sekolah dan didepan kelas serta setiap kelas tempat duduk diatur berjarak dan setiap meja dipasang bilik berdinding plastik.

“Kami juga menyediakan disinfektan disetiap ruangan serta setiap siswa dan guru masuk sekolah diukur suhu tubuhnya,”katanya.

Dia juga menambahkan, bahwa pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas ini pihaknya selain mengedepannya protokol kesehatan yang ketat akan terus mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan pendidik dan peserta didik sebagai prioritas utama.

“Apabila level PPKM dan status zona di Bolmut naik menjadi level 4 dan zona merah maka pelaksanaan pembelajaran disekolah ini kita hentikan dan kembali melaksanakan pembelajaran dirumah masing masing sesuai dengan amanat pak gubernur Olly Dondokambey,”kunci Kepsek.

Penulis : Julkifli Madina

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.