Pesan Mendikbud RI di HUT ke 73 PGRI dan HGN

by
Peringatan HUT ke 73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) di Bitung, Minggu (25/11/2018).

Manado – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulut Drs Edison Humiang MSi menghadiri acara peringatan HUT ke 73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) di Bitung, Minggu (25/11/2018).

Dalam sambutan Menteri Pendidikan Nasional Muhadjir Effendi yang dibacakan Humiang diungkapkan, tema HGN tahun 2018 adalah “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI”. Tema tersebut dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad XII semakin berat. “Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman,” ungkapnya.

Kata Humiang, revolusi industri 4.0 yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. “Saat ini diperlukan guru yang professional,” ujar dia.
Guru dimaksud adalah yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan. “Ini dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global,” tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa dalam rangka perluasan akses, pemerataan mutu, dan percepatan terwujudnya guru profesional, pada tahun yang akan datang Kemendikbud akan menerapkan Kebijakan Sistem Zonasi. Kebijakan Sistem Zonasi diharapkan akan mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di seluruh tanah air. “Sistem zonasi diharapkan akan memudahkan penanganan dan pengelolaan guru, mulai dari distribusi, peningkatan kompetensi, pengembangan karir, dan penyaluran bantuan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah,” jelasnya.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.