Poltekkes Manado Dicanangkan Jadi Kampus Sadar Hukum

by
Mahasiswa Politekes Manado bersama jajaran Kejati Sulut dalam Program Jaksa Masuk Kampus. (Foto: Istimewa)

Manado – Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut, M Roskanedi, SH melalui Asisten Intelijen, J Devy Sudarso SH CN selaku Ketua Panitia HBA ke-58 Tahun 2018 Kejati Sulut didampingi Direktur Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Manado, Dra Elisabeth Natalia Barung MKes Apt bersama jajarannya mencanangkan Poltekkes Kemenkes Manado sebagai Kampus Sadar Hukum.
Pencanangan ini digelar, Rabu (18/7/2018) di Aula Poltekkes Kemenkes Manado. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-58 Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 22 Juli 2018.
Dalam sambutan Kejati Sulut yang dibacakan Sudarso, program Jaksa Masuk Kampus merupakan salah satu dari sekian banyak tugas dan fungsi Kejaksaan di bidang ketertiban dan ketentraman umum. Hal ini sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia. Khususnya dalam ketentuan pasal 30 ayat (3) menyebutkan bahwa di bidang ketertiban dan ketentraman umum, Kejaksaan turut menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran hukum masyarakat.

Menurut Asintel, peningkatan kesadaran hukum masyarakat termasuk di dalamnya mahasiswa dan mahasiswi dilakukan dengan melaksanakan Program Jaksa Masuk Kampus dan Pencanangan Kampus Sadar Hukum saat ini. Program itu merupakan wujud tanggung jawab Kejaksaan dalam menciptakan generasi muda yang taat hukum dan anti korupsi. Dia menambahkan, sikap taat hukum dan anti korupsi itu harus ditanamkan sejak muda, sejak usia sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA bahkan sampai perguruan tinggi. “Program ini juga merupakan salah satu bentuk langkah strategis dalam mendukung terwujudnya Revolusi Karakter Bangsa sebagaimana tercantum dalam agenda pembangunan nasional atau Nawacita,” ujar dia.
Mantan Kajari Tomohon tersebut juga menguraikan bahwa di Kota Manado sendiri telah banyak-sekolah-sekolah yang dikunjungi untuk melaksanakan penyuluhan hukum seperti ini baik di tingkat SMP maupun SMA dan Kantor-Kantor Pemerintah. Sedangkan untuk tingkat perguruan tinggi Poltekkes Kemenkes Manado mendapatkan kehormatan sebagai tempat perdana di Kota Manado bahkan Propinsi Sulawesi Utara yang di kunjungi Kejati Sulut sekaligus melaksanakan pencanangan Kampus Sadar Hukum.
Barung menyampaikan terima kasih kepada Kejati yang telah mempercayakan Poltekkes Manado untuk Pencanangan Kampus Sadar Hukum. “Melalui momentum pembinaan dan pencanangan Poltekkes sebagai Kampus Sadar Hukum dari Kejati adalah saat yang tepat bagi kita untuk melakukan introspeksi diri dan melakukan evaluasi,” ujar dia.
Pencanangan Kampus Sadar Hukum Program Jaksa Masuk Kampus di Poltekkes Manado ditandai dengan pemukulan tetengkoran, pemasangan PIN dan penandatangan komitmen melaksanakan kampus sadar hukum.
Dari Kejati Sulut turut dihadiri oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum, Yoni E Mallaka SH dan Kepala Seksi A pada Asintel La Haja SH.

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.