Potensi Pariwisata Sangihe Yang Mendunia

by

Tahuna – Walaupun Daerah Kabupaten Sangihe Provinsi Sulawesi Utara terletak di kepulauan dan jauh dari Kota Manado, tetapi ternyata kekayaan budaya dan keindahannya sangatlah luar biasa dan mendunia.

Kepala Dinas Pariwisata melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Dra Veranella Mahaganti M.Pd saat ditemui kabarmanado.com diruang kerjanya Kamis (16/01) menyampaikan, setiap tahun Daerah ini ada banyak iven pariwisata yang digelar.

” Ya daerah kami setiap tahun ada banyak iven pariwisata dimana ini sudah masuk pada kalender of iven yakni pagelaran adat tulude pada 31 Januari, Festival Tabadine pada 5-8 April, 25-27 Juli ada pemilihan ungke dan momo Sangihe, Festival Pesona Sangihe pada tanggal 5-10 Sebtember dan pada tanggal 15- 25 Oktober ada pagelaran seni dan budaya,” ungkap Mahaganti mantan Humas di SMAN 7 Manado ini.

Kata dia, nantinya pada tanggal 31 Januari ini, akan ada pesta adat tulude akbar, dimana dalam pagelaran adat ini semuanya di Kabupaten Kota akan disatukan pagelaran adatnya.

” Saya juga sebagai panitia wakil sekretaris 1 akan membuat megah dan meriah pesta adat Tulude nanti, ini juga karena pagelaran adat di Sangihe ini hanya disini yang akan laksanakan pada tanggal 31 Januari nanti dan ini sudah disepakati bersama dengan Kabupaten Kota yang lain,” ungkap Mahaganti.

Kata Mahaganti, akan ada banyak tamu dari berbagai Daerah yang akan datang nanti untuk menyaksikan pesta adat Tulude yang digelar satu tahun sekali ini dan ini juga dalam rangka memperingati HUT ke- 395 tahun Kabupaten Sangihe.

” Pagelaran Adat Tulude pada 31 Januari nanti hanya akan dilaksanakan di Sangihe, ini karena Daerah ini adalah induk sebelum pemekaran atau pisah dengan kabupaten lain,” Jelas dia.

” Sangat berharap semua wisatawan asing juga bisa datang langsung menyaksikan pesta adat tulude yang akan dilaksanakan disini,” ungkapnya.

Lanjutnya, pada pagi hari akan dilakukan upacara dimana semua ASN dan THL di Kabupaten ini akan memakai seragam adat khas sangihe dan ini melambangkan masyarakat disini sangat cinta akan budaya sendiri,” katanya.(Kifli)