Presiden KIBA Desak Kapolda Proses Hukum Dugaan Penyebar Hoax, Oknum Tomas Talaud dan Humas Pemprov Sulut

by
Presiden KIBA Andreas Lasut saat di wawancara sejumlah awak media di Polda Sulut.

Manado – Presiden Komunitas Independen bersama Atas Rakyat (KIBA) Andreas Lasut, melaporkan oknum Tokoh masyarakat (Tomas) Talaud MS dan Humas Pemprov Sulut ke Polda Sulut atas dugaan penyebaran berita hoaks atau bohong soal penundaan pelantikan Bupati Terpilih Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Wakil Bupati terpilih Moktar Arunde Parapaga.

Menurut Andreas, apa yang dikatakan oleh oknum Tomas MS mengenai penundaan pelantikan E2L tentang Fatwa MA adalah tidak benar, karena tidak didukung dengan data dan fakta, bahwa E2L telah menjabat selama dua periode. Andreas mengatakan, harusnya Humas Pemprov Sulut dan Tomas Talaud tidak membuat opini hukum kepada masyarakat, namun menyampaikan dengan data agar benar-benar apa yang disampaikan ke publik adalah informasi yang benar dan bukan berita hoaks. “Oknum Tomas dan humas Pemprov Sulut telah melakukan pembohongan publik, karena itu kami meminta pihak kepolisian untuk menindaklanjuti laporan tersebut yang telah dilaporkan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT),” tegas Andreas saat mendatangi Polda Sulut Jumat (30/8/2019) siang.

Andres menegaskan, sebagai Ketua DPP KIBA yakin Bupati terpilih E2L bersama Wakil Bupati terpilih Moktar Parapaga akan dilantik oleh Mendagri, karena surat pemberitahuan tersebut telah diproses dan telah dikelaurkan dan sudah disampaikan kepada Pemprov Sulut. “Mewakili masyarakat Talaud saya yakin E2L akan dilantik, karena proses dan tahapan hukum berbeda dengan pelantikan. Dan maminta Humas Pemprov bukan memberikan opini hukum karena masalah yudikatif dan edukatif berbeda, sehingga tidak perlu terlalu jauh dicampuri,” tandasnya.

Andreas berharap pihak Polda memproses laporan tersebut agar tidak ada yang oknum yang menjadi penyebar hoaks.

Sementara itu hingga kini kabarManado.com belum menerima klarifikasi dari pihak Pemprov Sulut dan tokoh masyarakat Talaud yang dilaporkan ke Polda.

Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.