PT LIB Ingatkan Media Tidak Live di Medsos Tanpa Izin Hak Siar, Laga BFC Sulut United

by
Manager Media PT LIB Hanip Marjuni saat menjelaskan Regulasi dan dampak pembaca tentang peminat berita sepak bola di tanah air dan luar negeri. Foto: Zulkifli Madina (KM).

Manado – PT PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengingatkan media yang ada di Sulawesi Utara saat melakukan peliputan pertandingan Tim BFC Sulut United di Stadion Klabat untuk tidak melakukan live di media sosial baik Facebook, Instagram ataupun di media lainnya tanpa ada izin hak siar dari pemegang PT LIB.

Hal tersebut ditegaskan Managar Media dan Publik Relation PT LIB saat Hanip Marjuni saat bertatap muka dengan sejumlah wartawan peliput sepak bola di Manado pada Selasa (24/7/2019. “Jadi kalau ada wartawan dari media yang bukan pemegang hak siar merekam pertandingan ketika Tim BFC Sulut United berlaga di Stadion Klabat, apa lagi live di Medsos itu adalah pelanggaran, dan kami akan berikan sanksi ke media tersebut,” tegas Hanif

Menurut mantan Jurnalis Olahraga Kompas Gramedia tersebut, kedatangannya ke Manado Sulawesi Utara (Sulut)  untuk menjelaskan tentang regulasi yang harus dipatuhi semua media saat meliput pertandingan terutama saat laga Tim BFC Sulut United. “Karena kalau itu dilanggar akan merugikan pihak BFC Sulut United yang akan mendapatkan denda puluhan juta rupiah,” ungkapnya.

Foto: Harry Paat (LMO) dan Hanif Marjuni Manager Media dan PR PT LIB.

Sementara itu Digital Asets PT LIB Rian Ihsan mengungkapkan, media yang berada di tribun untuk tidak mengambil gambar via telepon selulur dan membuat berita, karena media hanya diizinkan mengambil gambar saat press conference atau Official Training (OT).

“Jadi, untuk mengantisipasi keinginan teman-teman media untuk mengupdate berita, bisa meminta langsung Local Media Officer (LMO) klub masing-masing, begitupun bagi jurnalis televisi, asal tetap mencantum logo LIB atau hak siar yang bersangkutan, agar kualitas foto juga baik,” kata Rian.

Kedua utusan PT LIB tersebut memaparkan, sejak BFC Sulut United menempati home base di Sulut, maka pembaca berita sepak bola meningkat terutama tentang informasi perkembangan Tim BFC Sulut. United. Maka dari itu jika ini dikelolah dengan baik oleh mamajemen dan media maka akan berdampak positif bagi manajemen khususnya pihak sponsor, yang bisa memberikan keuntungan juga dengan bukan hanya bagi Tim BFC Sulut United.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Ishak/Zulkifli

Leave a Reply

Your email address will not be published.