PT Pegadaian Resmikan Program Bank Sampah di Minut

oleh -644 views
Peresmian program bank sampah PT Pegadaian di Minahasa Utara.

Airmadidi – Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero), Harianto Widodo meresmikan program bank sampah di Minahasa Utara, Jumat (07/12/2018) lalu. Diketahui, peresmian bank sampah merupakan rangkaian program The Gade Clean and Gold di Minahasa Utara.

Dalam sambutannya, Widodo menyampaikan, latar belakang program bank sampah tersebut. Dia menhatakan, Pegadaian yang merupakan salah satu BUMN memiliki komitmen untuk menghadirkan Pegadaian yang menghasilkan duit dan nama baik. “Duit di sini maksudnya adalah kinerja keuangan perusahaan yang salah satu ukurannya adalah laba perusahaan,” ujar dia.

Selanjutnya terkait dengan tujuan perusahaan menghasilkan ‘nama baik’, salah satunya diwujudkan dalam bentuk program-program kepedulian kepada masyarakat melalui kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), termasuk CSR.
Sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-09/MBU/07/2015 beserta perubahannya yang mengatur tentang pelaksanaan PKBL di BUMN, bahwa Pegadaian diwajibkan untuk menyisihkan sebagian laba perusahaannya maksimal 4% untuk dialokasikan dalam program. “Pendirian bank sampah ini merupakan salah satu bentuk kegiatan CSR Pegadaian, jadi orientasi kami bukan hanya fokus pada bisnis, tetapi juga bagaimana turut berperan dalam membangun lingkungan sekitar masyarakat yang merupakan salah satu stakeholder kami,” papar Widodo.

Dia menambahkan, program-program CSR juga merupakan salah satu bentuk implementasi untuk menghadirkan BUMN Hadir Untuk Negeri.
Program bank sampah itu terkait dengan kebersihan dalam arti secara harfiah, dengan membersihkan lingkungan melalui pengumpulan dan pemilahan sampah. “Pegadaian sedang mengajak masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekitar agar menjadi lebih baik dan sehat,” tandas dia.

Widodo menambahkan, program “bersih-bersih” saja tidak cukup, sehingga Pegadaian selalu berprinsip agar program yang dilaksanakan memberi manfaat yang positif atau bernilai. “Itulah yang kami istilahkan dengan kata ‘Gold’. Dalam hal ini dengan membersihkan dan memilah sampah, maka hasilnya bisa ditukar di bank sampah untuk selanjutnya dikonversi ke dalam bentuk emas yang tersimpan dan dicatat dalam rekening Tabungan Emas,” ujar dia sambil menambahkan, program itu dapat membantu meningkatkan ekonomi dan juga mengedukasi masyarakat.

Penulis: Linda Setiawati

tenor

5 thoughts on “PT Pegadaian Resmikan Program Bank Sampah di Minut

  1. It is appropriate time to make some plans for the future and it is time to
    be happy. I’ve read this publish and if I may I wish to
    counsel you some fascinating issues or tips.

    Perhaps you could write subsequent articles relating
    to this article. I want to learn more things approximately it!

    Look at my site; Viking XL Keto BHB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.