Puluhan Siswa SMK Polaris Bitung Ikut UKK

by

Manado – Usai mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK belum lama ini, SMK Polaris Bitung kembali Gelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk para peserta siswanya yang dimulai Senin (8/4/2019).

“Ada 43 Siswa yang tersebar di 2 jurusan program keahlian atau kompetensi keahlian jurusan Nautika Kapal Niaga dan Teknika Kapal Niaga yang mengikuti UKK kali ini,” kata Kepala SMK Polaris Bitung, Dukke Sigar SPd.

Sekolah yang disetujui internasional atau Persetujuan ini, menurut Kepsek sudah banyak mengumpulkan siswanya yang berprestasi dan sudah berhasil ditingkat nasional hingga internasional dalam bidang perkapalan.

“Banyak siswa yang berhasil keluar dari negeri karena ijasah dan serifikat kompetensi yang mereka selamatkan,” ungkap Sigar.

Kata dia, Sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Manado Perwakilan Bitung ini, memiliki peralatan praktik yang lengkap dan canggih yang dilengkapi dengan persiapan yang disiapkan untuk mancanegara.

“Kami akan membuka laboratorium bahasa inggris maritim karena bahasa inggris diharuskan siswa dalam rangka jatuh kedunia insdustri baik nasional hingga internasional,” ungkapnya.

Lanjutkan, di Sulut hanya disekolahnya memiliki sertifikat kompetensi keahlian perkapalan berstandart Internasional.

“Kelulusan siswa kami diperlukan dunia industri saat ini dan mereka pun diharapkan bisa membuktikan keahlian mereka dengan rajin belajar,” jelasnya.

Sementara melalui Alfreds Runtukahu MM Eng sebagai
Penguji sekaligus guru dieksekusi ini, siswa lulus di SMK Polaris Bitung sudah memiliki keahlian khusus yang siap kerja.

“Saat ini para siswa sedang melakukan UKK dan meminta mereka mulai dari memperkenalkan alat, menginstal dan mengaktifkan dia wajib tahu,” kata dia.

Lanjutkan, dalam ujian kali ini apa yang telah dapat dilakukan oleh siswa di sekolah dites kembali.

“Yang terpenting juga para siswa harus memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam perkapalan internasional dan ini menjadi suatu keharusan agar biaa selamat dalam pelayaran,” ungkapnya.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.