Punuh Ingatkan Sekolah Secepatnya Sinkronisasi Data 2019

oleh -559 views
Punuh saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Guru di Kantor Gubernur Sulut.

Manado, Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI diimbau agar semua Sekolah melakukan sinkronisasi data semester satu tahun 2019.

Menurut Punuh, hal itu untuk menyiapkan data sebagai dasar alokasi dana BOS Triwulan 1 Januari – Maret Tahun 2019. “Maka akan dilakukan pengambilan data dari Dapodikdasmen pada tanggal 15 Desember 2019, Pukul 23.59 WIB,” ungkapnya.

Lanjut Punuh, dari pengecekkan data di server Dapodikdasmen per-tanggal 5 Desember 2019, diketahui bahwa masih banyak sekolah dengan status partisipasi BOS adalah “menerima” pada aplikasi Dapodikdasmen menjawab “Ya” akan tetapi belum melakukan sinkronisasi. ” Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu data siswa yang akan terhitung adalah data siswa pada semester 1 atau Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019,” jelasnya.

Dijelaskan Punuh, pada saat melakukan installasi dan registrasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019, dilarang menggunakan profil lama karena dapat menyebabkan data siswa menjadi ganda. “Data rombongan belajar atau rombel harus diisi dengan lengkap dan benar. Jenis rombel yang dihitung adalah rombel kelas dan reguler, sedangkan rombel teori, ekskul, kelas terbuka, kelas jauh atau kecil dan praktek tidak dihitung,” kata dia.

Khususnya untuk SMA dan SMK harus memperhatikan pengisian data program pengajaran/program keahlian/ kompetensi keahlian. “Ketentuan pengisian data program pengajaran, program keahlian, kompetensi keahlian untuk SMA dan SMK yaitu SMA KTSP 2006 Kelas XI dan XII Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa,” jelasnya.

Dia menambahkan, data rombel harus diisi oleh wali kelas dan harus diisi lengkap sampai dengan data pembelajaran serta data siswa. “Untuk saat ini baru SMA yang menjadi prasyarat yang diharuskan, dan mulai Tahun 2019 di semua jenjang akan wajib dan menjadi prasyarat,” ujar dia.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.