Putri Pinontoan Siswi SMAN 8 Manado Semangat Belajar Daring Dimasa Pandemi

by



Manado, Pada masa Pandemi Covid-19 saat ini, menjadi tantangan bagi para Siswa – Siswi Di Sulawesi Utara.

Pembelajaran tatap muka ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (daring) dan pembelajaran luar jaringan (luring).

Pembelajaran daring dan luring adalah upaya untuk memutus matarantai penyebaran Covid-19.

Dengan pembelajaran sistem daring dan luring saat ini, menjadi tantangan tersendiri bagi para siswa dan siswi di Indonesia dan Khususnya di Sulut.

Putri Pinontoan, adalah salah satu Siswi kelas 10 di SMA Negeri 8 Manado ini mengungkapkan, saat dirinya mulai masuk di SMA, pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan akhirnya dia belum merakan suasan pembelajaran tatap muka saat duduk dibangku SMA sampai saat ini.

“Ya memang sampai saat ini pembelajaran tatap muka langsung seperti tahun sebelumnya, yang dirasakan para siswa lain saat mulai duduk di bangku SMA pertama kali saya belum merasakannya,”Kata Putri Rabu (14/10).

Dirinya pun pasrah dan mendukung penuh keputusan Pemerintah dengan pembelajaran daring saat ini dia ikuti, karena tujuannya adalah mulai dimana untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang melanda saat ini.

“Bagaimanalagi, ini untuk kebaikan bersama dalam memutus penyebaran covid-19 sehingga tidak adanya klaster baru di Sekolah,” Kata dia.

Lanjut Putri, pembelajaran daring yang dia ikuti saat ini ada kelebihan dan kekurangannya, dimana kelebihannya bisa belajar dari rumah dan terhindar dari wabah pandemi Covid-19 serta kekurangannya jaringan yang tiba – tiba hilang serta penjelasan guru yang masih kurang dimengerti.

“Ya saat belajar daring tiba – tiba putus jaringan akibat hilang baik karena hujan deras maupun listrik yang padam,” Kata dia.

Terkait dengan HP kata dia, dirinya hanya memiliki HP yang tergolong murah yang tidak bisa memakai aplikasi Zoom dan mendownload Video pun terbatas karena memori yang terbatas.

“Agar bisa belajar maksimal maka saya meminjam HP sepupu saya yang masih TK dimana HPnya bisa untuk zoom dan download Video dari guru yang dikirim,” Jelas Putri anak dari Yenni Madina ini.


Penulis : Julkifli Madina