Raih 48 Medali, DKI Jakarta Kembali Juara Umum OSN SMA Ke-18 di Manado

by

Manado – Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-18 tingkat SMA 2019 yang digelar di Sulawesi Utara sejak Tanggal 30 Juni – 6 Juli 2019 sukses digelar.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy menutup kegiatan OSN SMA yang didampingi Gubernur Sulut yang diwakili Sekretaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen, Sekjend Kemendikbud, Didik Suhardi dan Direktur Pembinaan SMA Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, Drs Purwadi Sutanto serta Kadis Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes di Gedung Mapalus Kantor Gubernur.

Dalam pengumuman pemenang DKI Jakarta kembali menjadi juara umum OSN SMA Ke -18 di Manado sebelumnya tahun lalu juga pernah juara umum dan Perolehan medali untuk DKI Jakarta yaitu 15 emas, 15 perak dan 18 perunggu serta disusul juara dua dari Provinsi Jawa Barat dengan medali 7 emas, 9 perak dan 13 perunggu serta juara 3 diraih Provinsi Jawa Timur dengan medali 5 emas, 19 perak dan 14 perunggu.

Kadis Dikda Sulut Grace Punuh mengalungkan Medali Perunggu pada peserta Manado.

Dalam Sambutan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy menyampaikan, kalian adalah para calon ilmuan muda yang akan membawah Indonesia ini maju dan berkembang kedepan. “Jangan kita tertinggal dengan negara lain khususnya di bidang sains,” kata Mendikbud.

Mendikbud berharap agar para juara dalam OSN SMA kali ini bisa merebut medali pada OSN tingkat Internasional nanti.

Sementara salah satu siswa dari DKI Jakarta yang meraih medali emas bidang ekonomi Tantra Tanjaya Kelas 12 dari SMA Negeri 3 Penabur Jakarta mengatakan, dirinya kaget dan senang meraih medali emas. “Saya terkejut bisa menang dan sempat menanggis dan memang saya tahun lalu sudah mendapat medali perunggu,” ungkap dia.

Menurutnya, dia sudah belajar sejak 5 bulan lalu sebelum mengikuti lomba OSN SMA di Manado. “Kami akan di pangil dikumpul oleh Kemendikbud untuk diberikan pelatihan kembali dan dipilih 5 terbaik setiap bidang dan akan dikirim ke tingkat internasional mewakili Indonesia,” kata dia.

Dia menjelaskan, khusus tingkat Internasional bidang ekonomi akan di adakan di Negara Kazakhstan tahun 2020.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.