Raih Juara 1 Lukis Virtual, Tidak Menjadi Halangan Siswa SMAN 1 Manado Berprestasi Di Masa Pandemi Covid-19

by


Foto : Hasil Karya Graciano Solideo Putra Saul Kelas XI IPA 4 dari
SMAN 1 MANADO yang meraih juara 1 lomba lukis virtual tingkat SMA/SMK Se Sulut (Istimewah)


Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Kebudayaan Daerah Sulut telah menyelenggarakan
kegiatan Lomba Lukis Virtual Tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat serta umum dan ini untuk meningkatkan kreatifitas seniman lukis agar tetap produktif dan
beraktifitas di masa Pandemi Covid-19.

Lomba lukis virtual tersebut sudah dilaksanakan dan pemenang sudah diumumkan oleh panitia pelaksana yakni Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut dan para juri.

Pemerintah provinsi Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey menyerahkan hadiah total berjumlah 28 juta kepada
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Jenry Sualang dan selanjutnya akan ditransfer kepada para pemenang.

Lomba lukis virtual ini merupakan program kegiatan BOP DAK Non Fisik Museum Tahun 2020.

Kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap Museum dan seni serta
mewujudkan pemajuan kebudayaan di Daerah Sulawesi Utara melalui pelaksanaan lomba seni lukis virtual.

Kegiatan lomba lukis virtual ini juga baru pertama kali dilaksanakan semenjak indonesia merdeka. DariĀ  34 Provinsi di Indonesia, Sulut yang pertama dan sukses menggelar lomba lukis virtual ini.

Kepala SMA Negeri 1 Manado, Sherly Kalangi Rabu (22/07) mengatakan, prestasi yang diraih siswa SMAN 1 Manado atas nama Graciano Solideo yang mendapatkan juara 1 lomba lukis virtual tingkat SMA/SMK Se Sulut sangatlah membanggakan dan mengangkat nama baik sekolah ini.

” SMAN 1 Manado di masa pandemi Covid-19 tidak menghalangi siswa untuk bisa berprestasi dan ini menjadi contoh kepada siswa yang lain agar terus berprestasi walaupun saat ini kegiatan belajar mengajar hanya bisa melalui Daring,” ungkap Kepsek.

Sementara melalui Graciano Solideo Putra Saul
Kelas XI IPA 4 SMAN 1 Manado putra sulung dari Enoch Saul Kepala SMPN 11 Manado yang juga seniman ternama di Sulut ini mengungkapkan, ini yang pertama kalinya saya mengikuti lomba lukis secara virtual, dimana peserta mengerjakan masing – masing dari rumah dan hanya mengirimkan foto hasil karya beserta video pembuktian keorisinalitas gambar.

” Kami ada sekitar 3000-an peserta dari Kabupaten Kota dan tingkat SMA/SMK didominasi kelas 2 dan 3 dan saya masih kelas 1. Memang saya ragu bisa menang dan bersaing karena melihat hasil di grup whatsapp yang dibuat, saya melihat hasil karya teman lain dengan skill mereka di bidang seni lukis yang sangat hebat, rapih, dan enak di pandang,” jelas dia.

Kata dia, dengan tidak berputus asah, dirinya memberanikan diri untuk tetap maju dan siap bersaing pada lomba lukis, dan Puji Tuhan Saya keluar sebagai Pemenang Peringkat 1, sungguh kaget dan tidak menyangka dengan hasil itu tetapi saya sangat bersyukur bisa berprestasi lagi di bidang melukis dan dapat mengharumkan nama sekolah terlebih nama Tuhan Yesus.

” Kiranya seni lukis di Sulawesi Utara semakin maju dan berkembang dengan karya – karya baru yang lebih hebat lagi, dan untuk sesama teman pelajar yang memiliki talenta di bidang melukis, saya hanya menitip pesan bahwa janganlah takut untuk berkarya serta membandingkan karya kalian dengan karya orang lain, karena karya mu adalah masterpiece mu. Dan semoga prestasi yang sudah saya ukir ini dapat berguna di masa depan saya,” Ungkap dia.

Berikut Para Pemenang Lomba Virtual: