Ratusan Guru Mendatangi Dikda Sulut, Berkas Kenaikan Jabatan Tidak Diproses

by

Manado – Ratusan guru dari sejumlah sekolah baik SD, SMP di Provinsi Sulawesi Utara mendatangi kantor Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut Kamis (1/8/2019).

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Semuel Daniel Vileo Dondokambey, SE dan
Kepala Bidang Guru dan tenaga kependidikan, Cristian Sumampow menerima para guru tersebut diruang Ipteq Dikda Sulut.

Kedatangan mereka guna menanyakan kejelasan pengurusan Berkas Usulan Penetapan Angka Kredit (PAK) Jabatan Guru atau kenaikan pangkat yang belum ditandatangani Kepala Dinas padahal batas akhirnya 31 Juli 2019 kemarin.

Salah seorang guru Sekolah Dasar ini meminta agar Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut untuk bisa meneruskan berkas kenaikkan pangkat mereka dengan menandatangani. “Kami hanya datang bermohon dengan penuh kerendahan hati pada ibu agar bisa menanda tangani,” jelasnya.

Kata dia, dirinya masih bingung dengan sistem pengurusan berkas yang baru yang diterapkan Dikda Sulut, karena kata dia dirinya telah empat hingga lima hari bolak-balik dari Daerahnya yang jauh

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sulut, Grace Punuh angkat bicara. Punuh mengungkap peraturan baru telah diterapkan, bahwa dalam pengurusan berkas kenaikan pangkat guru SD dan SMP proses penilainnya melalui Dikda Sulut dan akan selanjutnya dikembalikan pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten kota untuk diproses. “Kalau sudah selesai penilaiannya maka saya akan tandatangan,” Kata Punuh.

Kata Punuh, kalau semua persyaratan sudah terpenuhi dalam pengurusan Berkas Usulan Penetapan Angka Kredit (PAK) Jabatan Guru maka secepatnya akan diproses.

Sementara terkait guru SMA/SMK yang datang mengurus berkas langsung di Dikda Sulut agar menaati aturan dimana pengurusannya melalui Cabang Dinas Pendidikan dan juga bisa langsung melalui POBOX 8888 sehingga terhindari dari hal – hal yang tidak diinginkan karena dengan melalui ini mereka tidak dapat bertemu langsung dengan tim penilai. “Memang kalau SMA dan SMK serta SLB sudah dibawah Dikda Sulut sehingga penanganannya langsung ke Cabdin setempat dan melalui POBOX 8888,” jelasnya.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.