Ratusan Penyelam Wanita Akan Jajaki Laut Manado

by
Tri Tirto Karnavian, didampingi Ruthie Bambang Waskito danpanitia saat memberikan keterangan pers. (Foto: Ishak Kusrant)

Manado – Laut Manado, Sulut ternyata terbaik di Indonesia sehingga menjadi pilihan ratusan penyelam wanita yang tergabung dalam Wanita Selam Indonesia (WASI) untuk melakukan penyelaman massal memecahkan Rekor MURI pada 11 Agustus 2018 mendatang. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Umum WASI, Tri Tito Karnavian saat menggelar jumpa pers di Wahaha Restaurant Megamas Manado, Sabtu (21/07/2018).
Menurut Ketua Umum Bhayangkari, sebelumnya telah disurvei beberapa tempat di Indonesia sebagai lokasi pelaksana kegiatan. Namun setelah diteliti dan dan periksa kembali, ternyata laut Manado menjadi pilihan panitia untuk mengadakan penyelaman massal oleh penyelam wanita dan pembentangan bendera merah putih terpanjang di Indonesia.
Istri Kapolri itu mengatakan, dipilhnya laut Manado sebagai lokasi penyelaman massal oleh penyelam wanita, selain lautnya indah, juga faktor keamanan bagi penyelam. Karena arus di pantai Manado cukup baik untuk dilakukan penyelaman. “Lokasi yang kita akan gunakan untuk Rekor MURI penyelaman wanita terbanyak nanti berada di teluk Manado Belakang Kawasan Megamas, selain baik untuk penyelam membentangkan Bendera Merah Putih, juga terumbu karang di lokasi tersebut sangat sedikit. Tidak mengganggu perkembangan terumbu karang, sehingga aman dan nyaman bagi wanita untuk menyelam karena sebelumnya telah dilakukan survei ke bawah laut,” tegas Tri Tirto Karnavian.
Tri yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelam Massal Rekor MURI menambahkan, lokasi itu juga menjadi lokasi terakhir, setelah sebelumnya ada kawasan Boboca dan Pantai Malalayang. Namun karena banyaknya terumbu karang di lokasi itu, sehingga dipindahkan di Pantai Manado Megamas. ”Agar ekosistem dan kelestarian terumbu karang tetap terjaga dengan baik,” ujar dia.
Tri mengatakan, nantinya ada 908 penyelam wanita yang ada turun menyelam, dan semua peserta berasal dari Sabang sampai Merauke. Ada 1 negara asing yaitu Singapura akan ikut serta mengirim penyelam wanita mereka. Kegitan itu juga didukung oleh Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sulut. “Tujuan kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 Tahun, juga mempromosikan destinasi wisata bawah laut Indonesia dan melestarikan keindahan alam bawah laut, serta menggalakkan olahraga menyelam khususnya di kalangan wanita dan masyarakat umum,” ujar dia.

Penulis: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.