Ratusan Siswa Baru di SMKN 4 Manado Mendapatkan Penguatan Karakter dan Kegiatan Pramuka

by

Manado – Sebanyak 112 siswa baru di SMK Negeri 4 Manado yang tersebar di 7 rombongan belajar telah mengikuti Pengenalan lingkungan sekolah (PLS) yang berlangsung sejak Senin 15 – 17 Juli 2019 dan kegiatan pramuka 18 – 19 Juli 2019.

Menurut Kepala SMK Negeri 4 Manado Drs. Jenner Rumerung yang didampingi Ketua panitia Paulus Steven Tuwo SPd  mengatakan, selama 3 hari di PLS para siswa mendapatkan pembinaan karakter. “Ada dari BNN memberikan materi tentang pencegahan dan bahaya narkoba, pihak TNI tentang wawasan kebangsaan yang didalamnya ada 5 nilai utama karakter yakni Religius, kemandirian, nasionalis, integritas dan gotong royong,” jelas Rumerung.

Kata dia, semua siswa baru dapat mengikuti kegiatan sampai selesai dengan aman dan lancar. “Bersyukur kegiatan PLS baginsiswa baru tidak ada kendala yang dihadapi dan semuanya sukses,” kata Rumerung dan Tuwo.

Begitu juga untuk kegiatan pramuka kata Rumerung, semua kegiatan pramuka yang berlangsung selama dua hari Kamis 18 – 19 Juli 2019 berjalan dengan aman dan lancar. “Dalam kegiatan pramuka semua siswa baru mendapatkan orientasi pendidikan Pramuka lanjut dengan kegiatan PBB,” ucap Rumerung.

Rumerung menjelaskan, banyak hal yang didapat oleh para siswa dalam mengikuti pramuka yakni untuk Pramuka penggalang terdiri atas Janji (Satya) Penggalang yaitu Trisatya. Janji Pramuka Penggalang (Trisatya) berbeda dengan Siaga dan Penegak/Pandega. Dan Kode Moral (Dharma) Penggalang yang disebut Dasa Dharma. “Dalam Dharma Pramuka diajarkan tentang Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta alam dan kasih sayang kepada manusia, Patriot yang sopan dan ksatria, Patuh dan suka bermusyawarah, Rela menolong dan tabah Rajin, trampil dan gembira, Hemat cermat dan bersahaja Disiplin, berani dan setia, Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan,” jelasnya.

Lanjut Rumerung, mulai Senin 22 Juli 2019 semua siswa akan memulai kegiatan belajar mengajar.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.