Ratusan Siswa Baru SMAN 7 Manado Ikut MPLS, Materi Sejarah, Budaya Hingga Religi

by

Manado – Sebanyak 432 siswa baru di SMA Negeri 7 Manado diikutkan dalam Massa Pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang berlangsung sejak Senin tanggal 15 – 17 Juli 2019.

Menurut Kepala SMA Negeri 7 Manado, Dr Grace Lowing MPd, selain mereka para siswa baru dibekali dengan pemahaman akan pendidikan karakter, Kurikulum K -13, tata krama pengenalan sekolah sampai pada metode pembelajaran, mereka juga diberikan kunjungan lapangan ketempat bersejarah sampai religi. “Mereka mengunjungi musium untuk mengenal sejarah dan budaya di Indonesia, terutama daerah, serta melakukan kunjungan ketempat ibadah baik mesjid maupun gereja dan lainnya, agar keimanan mereka lebih diperkuat serta meningkatkan jiwa bertoleransi antara sesama umat beragama,” kata Lowing.

Kepalq SMAN 7 Dr Grace Lowing MPd.

Kata Lowing dalam kunjungan sejarah dan budaya, mereka diberikan pemahaman akan kekayaan budaya di Indonesia yang harus dijaga dan dipelihara dengan baik jangan sampai punah dan sebagai penerus bangsa harus menjaga dan memelihara itu. “Jangan sampai generasi muda sudah tidak paham lagi akan budaya khususnya di daerah mereka sendiri” jelas Lowing.

Lanjut Lowing, saat MPLS di sekokah siswa juga dibekali akan kedisiplinan karena sekolah ini terus menjaga akan kedisiplinan baik disiplin waktu, tidak terlambat, hingga disiplin menjaga lingkungan dengan memelihara kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. “Kalau siswa melanggar maka mereka akan diberikan sanksi sehingga tidak melakukan perbuatan itu lagi, begitu juga para guru harus memberikan contoh teladan kepada siswa,” jelas dia.

Diketahui, peningkatan siswa baru terjadi saat SMAN 7 Manado dipimpin Dr Grace Lowing MPd dimana prestasi demi prestasi terus diraih mulai dari lomba debat bahasa, kesenian hingga olahraga dan kepramukaan.

Penerapan disiplin menjadi modal sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah tersebut dan latar belakang Kepsek pun menjadi kemampuan manajerial dalam membangun sekolah yang lebih baik lagi dan disitu menjadi tolak ukur pimpinan untuk melihat mana Kepsek yang layak dipertahankan atau dipromosikan ketempat lebih tinggi lagi.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.