Reaksi Kehadiran Jemaat Tabligh di Desa Klabat Minut

by
Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael didampingi Dandim Bitung saat berdikusi dengan Jemaat Tabligh di Desa Klabat, Minut.

Dimembe – Situasi Desa Klabat, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tetap kondusif. Hal ini ditegaskan Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo saat mengirimkan berita terkait informasi yang terjadi di Desa Klabat.

Menurut Kabid Humas, dari laporan kepolisian setempat kronologis kejadian dimana pada Selasa (29/01/2019) sekitar pukul 16.30 Wita, beredar kabar telah terjadi aksi penolakan terhadap Jemaat Tabligh yang berasal dari Jawa Barat. Penolakan ini dilakukan oleh sekelompok massa yang mengaku gabungan ormas Sulut.

Diketahui, Jemaat Tabligh itu sudah 2 hari berada di Desa Klabat melakukan Syiar Agama Islam di mesjid-mesjid. Kedatangan massa gabungan ormas Sulut ini membuat masyarakat Desa Klabat panik dan menyebar informasi tawuran dan penyerangan. Namun kenyataannya situasi dapat terkendali dan dicegah karena tindakan yang tepat dari Polres Minut dan Kodim 1310 Bitung.

“Tidak benar telah terjadi penyerangan maupun pengrusakan, tidak ada korban akibat aksi tersebut, situasi saat ini sudah aman terkendali,” ujar Tompo.

Dia menjelaskan, massa yang mengaku gabungan ormas Sulut ini akan dilidik lebih lanjut dan ditindaklanjuti oleh Polres Minut. Sedangkan untuk 10 orang jemaat Tabligh akan dipindahkan ke Kota Bitung dengan pengawalan dari Polres Minut yang dipimpin langsung oleh Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael.

“Langkah yang sudah dilakukan oleh Tim gabungan dari Polres Minut dan Kodim 1310 Bitung yaitu melaksanakan langkah preventif berupa penggalangan dan bimbingan penyuluhan terhadap masyarakat Desa Klabat. Kemudian menghimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi oleh hoax. Selanjutnya melakukan patroli dan penjagaan di wilayah Desa Klabat,” tegas Kabid Humas, Rabu (30/01/2019).

Dia menambahkan, hingga saat sejauh ini situasi Kantibmas di wilayah hukum Polres Minut tetap kondusif, dan aman.

Penulis: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.