Ribuan Peserta Gelar Aksi Menghadap Laut dan Bersih Pantai di Sulut

by
Aksi Menghadap Laut di Pelabuhan Perikanan Tumumpa Manado. Foto: Dokumentasi Manengkel Solidaritas.

Manado – Ribuan peserta dari Ratusan lembaga baik Pemerintah, Swasta, Komunitas masyarakat, dan pencinta lingkungan pada Minggu (18/8/2019) secara serentak di seluruh Indonesia menyelenggarakan gerakan bersih pantai dan Gerakan Menghadap Laut 2.0.

Aksi tersebur digelar di 74 lokasi yang diikuti lebih dari 74.000 peserta seluruh Indonesia, dimana kegiatan tersebut berkaitan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke- 74 tahun.

Di Sulawesi Utara (Sulut), aksi “Menghadap Laut 2.0” tersebar di 3 titik lokasi yakni kota Manado Pelabuhan Perikanan Tumumpa, Kecamatan Tuminting, Kabupaten Kepulaun Sangihe, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Foto: Michael Labaro.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Manengkel Solidaritas dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mendapat dukungan penuh dari berbagai lembaga dan mensupport kegiatan tersebut yang turun langsung ke lokasi untuk melakukan bersih sampah dan gerakan menghadap laut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Dr. Tineke Adam dalam pembukaan kegiatan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada ribuan peserta yang mau peduli dengan sampah, sehingga hari ini bisa berkumpul bersama di lokasi pelabuhan perikanan Manado untuk melakukan bersih-bersih dan mengangkat sampah serta gerakan “Menghadap Laut” sebagai wujud kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan.

Foto-foto: Ishak/KM

“Kota Manado tahun 2018 lalu dinobatkan sebagai kota terkotor, untuk itu tahun 2019 ini kita gelar aksi gerakan bersih pantai agar predikat tersebut bisa dihilangkan, sehingga Manado bisa jadi kota bersih, karena kalau bukan kita siapa lagi yang peduli, selamat kepada seluruh lembaga dan komunitas yang mau terlibat dan sukses selalu,” imbuh Tineke.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal VIII Manado, Kepala Bakamla Zona Maritim Tengah, Kepala Biro Ekonomi Pemprov Sulut, Dinas Lingkungan Hidup kota Manado, Komunitas Motor, Polisi Pamong Praja, Komunitas Mudung Manado, Jurnalis Sulut, Pegawai DKP Sulut, Komunitas Bank Sampah dan sejumlah stake holder lainnya.

Sedangkan semarak Gerakan Menghadap Laut 2.0 dan bersih sampah dirangkaikan dengan sejumlah lomba, diantaranya motor lambat, tarik tambang, memancing ikan di laut, lari klereng, dan joget balon.

Penulis: Ishak/ Zulkifli
Editor: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.