Rumah Kopi Perbedaan The One and Only di Minut

by
Suasana Rumah Kopi Perbedaan saat malam hari. (Foto Ishak Kusrant)

Kalawat — Meski rumah kopi di Manado, dan Kabupaten kota  lainnya semakin “berjamur” namum ada salah satu rumah kopi yang sedikit berbeda, terutama nama dan suasana di rumah kopi tersebut, yakni Ruper Coffee atau rumah perbedaan.

Menurut pengelolah Ruper Coffee Gusti Kalengkongan, nama “Ruper”diambil dari singkatan Rumah Perbedaan, dan dijadikan sebagai pasword di rumah kopi itu saat pengunjung akan menggunakan akses wifi untuk bisa terkoneksi dengan internet yang tersedia di tempat tersebut.

Gusti mengatakan, Ruper Coffee telah lama didirikan sejak piala dunia digelar tahun 2018 silam, namun seiring waktu berjalan rumah kopi perbedaan ini terus berbenah dan menambah inovasi salah satunya fasilitas wifi gratis dan gambar-gambar tokoh politik Nasional, mulai dari Mantan Presiden Soekarno, Gusdur, Megawati, BJ Habibi, Munir hingga tokoh politik lainnya.

Menurut mantan Jurnalis itu, ide ini muncul saat mengikuti kegiatan di Jakarta, dan dihadiri oleh para tokoh Nasional baik tokoh agama, politik, tokoh pemuda lintas agama yang tidak membedakan suatu hubungan pertemanan karena adanya perbedaan latar belakang agama, suku dan Ras atau golongan.

“Jadi bukan karena suasana politik jelang Pemilu sehingga nama rumah kopi perbedaan ini hadir. sengaja kami namakan Rumah Perbedaan agar masyarakat tidak terpecah belah karena bedah pilihan di Pemilu 17 April Mendatang,” ucap Gusti saat ditemui kabarmanado.com Selasa (26/3/2019) malam di Ruper Coffee.

Menurutnya, harga kopi dan makanan di Ruper Coffee sangat terjangkau dan semua makanan halal di konsumsi, sehingga siapa saja bisa datang sambil berdiskusi dengan teman, atau kolega sembari menikmati fasilitas free wifi yang disediakan.

Gusti menambahkan, sudah banyak kalangan pejabat yang mampir ke tempatnya saat melintas di jalur Trans Manado-Bitung bukan hanya menikmati kopi tapi berduskusi dengan kolega mereka sambil mencari inspirasi.

“Kedepan tempat ini akan dibenahi lagi agar semakin indah sehingga bisa menjadi salah satu rumah kopi alternatif yang berbeda dari tempat lainnya yang sudah ada lebih dulu, mungkin ini hanya ada satu dan pertama,” kata Gusti saat menemani kawan-kawan mereka dari kota Kotamobagu dan kota Bitung.

Untuk pengunjung yang akan ke lokasi, Ruper Coffee terletak di depan Makam Walanda Maramis Maumbi, Kalawat, Minahasa Utara, dan hanya sekitar 500 meter dari akses jalan layang Ringroad Manado.

Penulis: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.