Salat di Lapangan Tikala Manado, Ini Makna Peringatan Idul Adha 1439H

by
Suasana salat Idul Adha di Lapangan Sparta Tikala manado, Rabu (22/08/2018).

Manado – Hari Idul Adha 1439H yang jatuh pada Rabu (22/08/2018), diperingati Umat muslim di Manado, Sulut.

Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Sulawesi Utara mempusatkan pelaksanaan Sholat Idul Adha 1439 H di lapangan sparta tikala Manado tepatnya di depan kantor Wali Kota Manado.

Ribuan umat muslim khususnya di Kota Manado berdatangan melaksabakan sholat Idul Adha di lapangan tersebut.

Idul Adha merupakan hari raya Islam yang diperingati sebagai hari libur nasional di Indonesia. Hari raya ini dikenal juga dengan nama Hari Raya Kurban. Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 bulan dzulhijjah, yang merupakan bulan terakhir tahun Hijriah dalam penanggalan Islam.

Acara utama dalam perayaan Idul Adha adalah makan besar di mana seluruh umat Muslim dapat ikut serta berpartisipasi. Menu makanan yang disajikan adalah daging kambing sebagai simbol dari peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT yang memerintahkannya untuk menyembelih anaknya Ismail dan menggantinya dengan seekor kambing.

Di hari raya Idul Adha juga dianjurkan bagi seorang Muslim yang mampu membeli sapi atau kambing untuk menyumbangkan korban berupa kambing atau sapi.

Kurban daging sapi atau kambing ini kemudian dibagi ke dalam tiga porsi. Porsi pertama dibagikan kepada anggota keluarga yang memiliki hewan kurban. Porsi kedua, diberikan kepada kerabat atau sanak keluarga, dan porsi ketiga dibagikan kepada keluarga-keluarga yang tidak mampu membeli hewan kurban.

Pada pagi hari di hari raya Idul Adha, para umat Muslim melakukan ibadah sholat yang dilakukan sebelum matahari terbit.

Idul Adha merupakan hari libur resmi bagi Umat Islam sehingga diperingati oleh umat Muslim dengan berpakaian tradisional muslim dalam beribadah di Mesjid.

 

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.