Sasaran Operasi Zebra Samrat Polda Sulut 2019

by

MANADO – Terhitung mulai Rabu, 23 Oktober 2019, Polda Sulawesi Utara dan seluruh jajaran akan menggelar Operasi Kepolisian Zebra Samrat 2019.

Operasi penegakkan disiplin berlalulintas di jalan raya ini akan digelar selama 14 hari sampai dengan tanggal 5 November 2019.

Pelaksanaan Operasi Zebra Samrat ini diawali dengan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolda Sulut, Rabu (23/10/2019), dipimpin oleh Wakapolda Sulawesi Utara Brigjen Pol Drs. Alex Mandalika, ditandai dengan pemasangan pita operasi kepada 3 perwakilan instansi dan pemberian bekal kesehatan.

Apel gelar pasukan ini menurut Wakapolda untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Lanjutnya, sebagaimana amanat Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah bagaimana untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas); Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas; Membangun budaya tertib berlalu lintas; dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. “Keempat poin tersebut merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, dan solusinya yang diterima dijalankan oleh semua pihak dalam melaksanakan amanat undang-undang,” ujar Wakapolda.

Apel ini dihadiri oleh para PJU Polda, dan Pimpinan Stakeholders terkait diantaranya Dandenpomdam Xiii/Merdeka, Dan Pom AL Lantamal VIII Manado, Dan Pom AU Lanud Sri, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan Jasaraharja, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Sulut, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara dan Pol PP Provinsi Sulawesi Utara.

Dirlantas Polda Sulut

Sementara itu Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol IGP Ngurah Gunawan menegaskan, sasaran Operasi Zebra Samrat 2019 meliputi kelengkapan kendaraan bermotor, dan disiplin dalam mengendarai kendaran. “Jadi operasi ini 80% adalah penindakan dengan bentuk tilang, dan sisahnya preepentif dan prepentif,” tegas Dirlantas.

Menurut Kombes Pol Ngurah Gunawan, operasi ini juga digelar untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya, yang tahun 2019 ini terjadi penurunan karena masyarakat mulai sadar untuk berlalu lintas dengan aman, tertib dan lancar. “Kegiatan ini melibatkan semua stakeholeder seperti Jasa Raharja, Dishub dan Pom TNI, karena tujuan kita untuk mendukung pariwisata di Sulut, karena jika masyarakat tertib dan disiplin maka Sulut akan semakin maju karena keselamatan beralalu lintas sudah baik,” ucap Kombes Pol Ngurah Gunawan.

Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.