Satgas COVID-19 Sulut Olah Hand Sanitizer Lokal Berbahan Dasar Cap Tikus

by

Manado – Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) kini gelisah akibat sulit menemukan hand sanitizer, cairan pembersih tangan yang bisa mengurasi resiko terjangkit virus corona.

Untuk mempermudah itu, Pemerintah Provinsi Sulut punya cara kreatif yaitu menciptakan hand sanitizer berbahan dasar cap tikus dan Satgas COVID-19 Sulut untuk memproduksi sendiri hand sanitizer berbahan dasar cap tikus dengan kadar alkohol 50 persen.

” Salah satu yang dikampanyekan sekarang adalah pengunaan handsanitizer dan Kami menyuling kembali bahan cap tikus menjadi handsanitizer,” ungkap Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel Jumat (20/03).

Kata Dandel, sebanyak 900 liter cap tikus dari Usaha Mikri Kecil Menengah (UMKM) Desa Tareran Kabupaten Minahasa Selatan dibeli oleh Satgas Covid Sulut untuk diolah dan sejak Rabu (18/3) lalu telah dibuat sebagai hand sanitizer.

Lanjut dia, dengan adanya produksi ini, maka Sulut telah mempunyai produk lokal cap tikus yang alkoholnya mencapai 50% dan akan dibagikan ke masyarakat secara gratis serta dengan adanya ini maka akan bisa memutuskan mata rantai penularan

Dandel menambahkan, handsanitizer dari bahan alami cap cikus ini bisa juga membersihkan benda-benda lain dan berharap pemerintah di kabupaten/kota bisa melakukan cara yang sama untuk membantu masyarakat.