Selain Serahkan Bantuan, Gubernur bersama Wagub Dan Sekprov Panen Jagung Dan Padi Di Kopandakan II Bolmong

by

Bolmong – Dari awal kedatangan kunjungan kerja rombongan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) di Desa Kopandakan II Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Sulawesi Utara pada Senin (24/02/2020) tadi, terlihat antusias ratusan warga yang menyambut hangat kehadiran dua pimpinan Sulut itu.

Antusias mereka terlebih saat Gubernur Olly tengah menyampaikan program kerjanya selama 4 tahun memimpin Sulut yakni tentang peningkatan perekonomian, kemajuan dan kelanjutan pembangunan, penurunan angka kemiskinan serta sektor kesejahteraan rakyat yang kesemuanya adalah merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Daerah Kabupaten Kota.

” Ya bukti kerja nyata terlihat dari hasilnya langsung dimana dirasakan masyarakat akan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK),” Kata Gubernur Olly.

Dijelaskan Gubernur, semua aspirasi rakyat telah ditindaklanjuti ke pemerintah pusat dan langsung direspon oleh Presiden RI Joko Widodo dengan memberikan bantuan-bantuan sehingga pemerintah daerah dan masyarakat bisa langsung merasakan.

“Iya ini semua karena adanya hubungan baik dari pusat hingga daerah. Oleh karenanya sinergitas dan satukan visi itu sangat penting dijaga agar hasilnya langsung dirasakan masyarakat,” terang Gubernur.

Kata Gubernur, Selain program tersebut, kehadiran dirinya dengan Wagub Kandouw yang secara bersama-sama beserta Sekdaprov Sulut, Edwin Silangen dan sejumlah jajaran eselon II/Kepala SKPD adalah bentuk perhatian pemerintah terhadap daerah dan rakyat dimana Pemerintah hadir langsung bersama rakyat.

“Jadi kehadiran secara langsung kami berdua ini sangat jarang terjadi di daerah, berada di satu tempat dengan waktu beberapa hari, ditambah lagi dengan Ketua TP PKK Sulut (Ibu Ir Rita Dondokambey Tamuntuan). Ini komitmen kami selaku pemerintah yang tugas kami adalah untuk mensejahterakan rakyat dan majukan pembangunan daerah,” tambah Olly.

Dijelaskan Olly, Pemerintah Provinsi sekarang sudah mampu menurunkan angka kemiskinan melalui data BPS (Badan Pusat Statistik) turun hingga 2 digit dari sebelumnya 1 digit, yang targetnya lalu saat menjadi gubernur.

” Masyarakat harus rasakan kehadiran pemerintah melalui hal-hal program seperti ini (bantuan langsung dan pembangunan serta adanya sektor-sektor peningkatan SDM),” ungkapnya.

Kata Olly, Kalau nanti akan dicanangkan Kawasan Industri Mongondow (KIMO)
Ada 2000 Hektare lahan jadi kawasan industri dan diperkirakan akan menyerap pekerja sekitar 33 Ribu orang.

” Kita harus mempersiapkan dari mulai sekarang, sehingga nantinya tenaga kerja lokal kita bisa diandalkan dan oleh karenanya kami sudah mendorong dengan memberikan bantuan fasilitas gedung dwngan dilengkapi fasilitas alat prakteknya di SMK,” ujar gubernur.

“ Ya Contohnya dari sinergitas yang ada, dulu di Bolmong Raya hanya 40 Ribu hektere bantuan bibit padi, sekarang menjadi 50 ribu hektare, dari total 70 ribu hektare se Sulut dan ini berarti di Bolmong raya lebih banyak diberikan,” ucap gubernur.

Adapun diakhir kegiatan itu, Gubernur Olly bersama Wagub Kandouw, Sekprov Silangen, melakukan panen raya jagung dan padi, serta penyerahan sejumlah bantuan berupa Traktor roda dua dan empat, alat pertanian instan, unit pengelola jagung diberikan 120 juta per kelompok, alat tanam jagung, rumah sederhana total Rp 9 juta lebih, bantuan lansia se Bolmong Raya sebesar Rp 2 Miliar, dan pokok lansia Rp 3 juta per orang, kompor gas, mesin katinting 65 pk, motor tempel, hingga benih perejemaan kelapa.

Turut hadir Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Janny Tuuk, Walikota Kotamobagu Tatong Bara, Wakil Walikota Nayodo Kurniawan, Anghota DPRD Provinsi Sulut, Rocky Wowor beserta jajaran Forkopimda Bolmong