Siswa Baru di SMPN 6 Manado Tidak Capai Kuota

by

Manado – Siswa baru yang masuk di SMP Negeri 6 Manado hingga kini belum mencapai sesuai yang diinginkan yaitu kuota yang ditetapkan oleh pihak sekolah.

Menurut Kepala SMP Negeri 6 Manado, Zusana Thomas S.Pd Senin (29/7/2019) menyampaikan, siswa baru yang masuk di sekolahn¬† melalui Penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online hanya 180 siswa. “Kuota kami ada 352 siswa atau 11 rombongan belajar dan yang masuk hanya 180 siswa baru,” jelasnya.

Kepala SMPN 6 Manado Zuzana Thomas S.Pd.

Dia menyampaikan, Penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online jalur zonasi belum terlihat adanya perubahan di sekolah karena setiap tahun tidak terjadi peningkatan signifikan siswa baru. “Hanya sekolah tertentu yang dianggap mereka sekolah favorit yang banyak siswa barunya, padahal saat ini tidak ada sekolah favorit semua sekolah sama,” ungkapnya.

Lanjut dia, ada beberapa sekolah yang melanggar sistem zonasi yang diberlakukan oleh Mendikbud melalui Permendikbud 51 tahun 2018 yakni menerima siswa baru diluar zonasi dan memaksa menambah rombongan belajar melebihi kuota yang disediakan. “Dampak dari bertambahnya siswa akan berpengaruh pada Dapodik sekolah dan ini juga akan berpengaruh pada penerimaan Dana BOS,” jelas dia.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.