Siswa SD GMIM IV Tomohon Juara Dunia Matematika

by
Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes saat menjemput Taro di Bandara Sam Ratulangi Manado. (Foto: Zulkifli Madina)

Manado – Prestasi gemilang diraih siswa asal Tomohon yaitu Imanuel Taro Satoshi Roeroe, siswa SD GMIM IV. Dia ini berhasil meraih prestasi di ajang World Mathematics Invitational 2018, di Seoul, Korea Selatan.
Taro meraih gold medal untuk tingkat grade 6 Sekolah Dasar (SD). Taro, bocah kelahiran Matsudo, Jepang 8 Agustus 2006 ini berhasil menyisihkan rekan-rekan siswa peserta lainnya dari 21 negara yang mengikuti World Mathematics Invitational 2018.
Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes saat penjemputan di Bandara Sam Ratulangi Manado, Kamis (19/07/2018) mengungkapkan, rasa syukur dan bangga masih ada siswa terbaik Indonesia dari Sulut yang bisa menjadi juara dunia di bidang Matematika. ‚ÄúPrestasi yang membanggakan ini patut kita apresiasi, dan ini merupakan spirit bagi siswa-siswa lain di Sulut dengan saling berlomba untuk dapat berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional seperti ini,” kata Punuh.
Punuh menambahkan, Pemprov Sulut sudah pasti akan memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi dan bukan hanya prestasi tingkat dunia juga tingkat nasional akan diberikan beasiswa.
Dia mengatakan, dalam waktu dekat gubernur akan memanggil semua siswa berprestasi untuk diberikan penghargaan, karena sudah mengharumkan nama baik daerah.
Diketahui, Taro mengikuti seleksi di tingkat Asia Tenggara pada bulan November 2017 untuk tingkat kelas 6 SD. Seleksi yang diikuti adalah Southeast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) dan Taro berhasil mendapatkan medali perunggu, sehingga lolos kualifikasi ke kejuaraan dunia World Mathematics Invitational 2018, di Seoul tanggal 13-17 Juli dan mendapatkan medali emas.
Dengan prestasi gold medal yang diraih, Taro diundang mengikuti World Mathematics Team Championship 2018 tanggal 21-25 November 2018 mendatang di Varna Bulgaria.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.