Siswa SMKN 1 Airmadidi Mendapat Training dari DUDI

by

AirmadidiMenindaklanjuti memorandum of understanding (MoU) dari Mitsubishi Motors bersama SMK Negeri 1 Airmadidi, maka pada hari Rabu (4/9/2019) pihak Mitsubishi Motors melakukan training Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia kepada puluhansiswa SMKN 1 Airmadidi.

Sebelumnya pada 28 Maret 2019 lalu di Jakarta telah diberikan bantuan CSR perusahaan berupa 1 unit mobil Pajero Sport dan Paket Cady Tools.

Kepala Bidang Pembinaan SMK, Debby Mamangkey SPd MPd membuka kegiatan training Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia kepada para siswa jurusan keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang akan berlangsung mulai 4 – 14 September 2019 di ruang praktek.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes saat hadir di SMK Negeri 1 Airmadidi mengatakan, sangat bangga atas prestasi Kepsek dan ini patut dicontohi oleh Kepsek yang lain. “Apa yang dilakukan Kepsek tentunya akan membantu Dunia pendidikan di Sulut dan menghadirkan DUDI di sekolah adalah langkah yang positif dalam perkembangan sekolah dan masa depan para siswa itu sendiri,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMK, Debby Mamangkey SPd MPd menyampaikan, Dikda Sulut saat ini memang membutuhkan adanya kerjasama Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

SMK Negeri 1 Airmadidi bersyukur bisa lolos bekerjasama dengan pihak perusahaan mobil Mitsubishi Motors Indonesia. “MoU dan CSR Mitsubishi sangat membantu dunia pendidikan di Sulut dan kerjasama lainnya berupa pelatihan bagi para siswa serta para guru khususnya kejuruan keahlian Teknik Kendaraan Ringan,” ungkapnya.

Kata Mamangkey, para siswa kelas 12 yang terpilih adalah yang terbaik diantara yang baik dan diharapkan bisa dipergunakan dengan baik karena peluang ini jangan disia – siakan dan tidak akan datang yang kedua kali. “Para siswa harus bersyukur karena bisa mendapatkan materi ilmu dari para ahli Mitsubishi dimana materi yang diberikan adalah khusus bagi yang sudah karyawan,” kata dia.

Lanjut dia, para siswa sudah pasti pada tahun depan kalau sudah lulus mereka akan direkrut menjadi karyawan bekerja di Mirsubishi Motors Indonesia. “Kedisiplinan dan focus belajar diutamakan dalam training dan ini harus dijaga para siswa jangan sampai disia – siakan,” harap Mamangkey.

Kata Mamangkey, Dikda Sulut sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak perusahaan Mitsubishi Motors Indonesia dan Salut kepada Kepsek karena sudah memberikan terobosan yang baik pada dunia pendidikan khususnya di SMKN 1 Airmadidi dan Dikda berharap ada sekolah yang lain juga bisa bekerjasama seperti ini.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Minut – Bitung Jarina Bukidz SE ME mengatakan, pihak Cabdin Minut Bitung sangat bangga dimana ada sekolah di Minut yakni SMKN 1 Airmadidi bisa terpilih mewakili Sulut mendapatkan kerjasama dan bantuan dari Mitsubishi Motors Indonesia. “Siswa harus bersyukur sudah medapatkan materi setingkat atau setara sama dengan karyawan dan ini harus dipergunakan dengan baik oleh siswa,” kata dia.

Lanjut Bukidz, jadilah siswa terbaik dari yang baik dalam pengembangan keahlian. “Banyak gebrakan kepsek yang dibuat sehingga sekolah ini sangat terlihat luar biasa kemajuannya,” katanya.

Harapan dia, semoga sekolah lain juga bisa bekerjasama dengan pihak Mitsubishi dalam pengembangan dunia pendidikan di Sulut.

Kepala SMK Negeri 1 Airmadidi, Weddy Onibala menyampaikan, mewakili keluarga besar SMKN 1 Airmadidi meresa berterimah kasih dan bersyukur diberikan bantuan dan training bagi para siswa dari pihak Mitsubishi dalam rangka untuk peningkatan mutu pendidikan. “Kami senang dapat bantuan dan ini memotivasi siswa agar lebih giat lagi dalam belajar,” ungkapnya.

Kata Onibala, di Sulawesi Utara hanya sekolah ini yang dapat mobil untuk kegiatan praktek. “Penyerahan secara simbolis berlangsung di kantor pusat Mitsubishi Motors Jakarta oleh pimpinan disana,” kata Onibala.

Dijelaskan Onibala, bantuan tersebut dipergunakan untuk praktek siswa dan ini merupakan langkah maju pendidikan di SMKN 1 Airmadidi dan training bagi siswa juga bisa melahirkan SDM SMK yang berkopetensi keahlian.

Kepala Cabang PT Bosowa Mitsubishi Manado, Arfan Rauwaten mengatakan, sangat bersyukur kegiatan training bagi para siswa bisa terlaksana dan ini menjadi salah satu projeck dalam pengembangan bidang pendidikan khususnya di Sulut. “Ini adalah bentuk kepedulian kita perusahaan terhadap dunia pendidikan demi untuk meningkatkan kompetensi bagi para siswa SMK,” jelasnya.

Kata dia, Wilayah Sulawesi hanya ada dua sekolah yang dipilih yaitu di Sulut di SMKN 1 Airmadidi dan Sulawesi Tenggah di SMKN 3 Palu dan muda mudahan program ini akan bermanfaat disekolah. “Kita menghadirkan instruktur yang terbaik di mitsubishi untuk memberikan training kepada mereka dan ini adalah program langka karena kita kasih ilmu besik mekanik yang sudah lolos jadi karyawan,” katanya.

Katanya lagi, semoga dalam kegiatan ini bisa menyerap ilmu keahlian para siswa dan bisa merekrut mereka menjadi karyawan dan kedepan akan dibuka juga service point di SMKN 1 Airmadidi dimana pelanggan Mitsubishi bisa servive di sekolah ini.

“Semoga hubungan pihak sekolah, Dinas Pendidikan dengan Perusahaan alan bisa berjalan terus dengan baik dalam rangka meningkatkan skill dan kompetensi siswa SMK,” harapnya.

Salah satu Siswa dari 15 peserta yang ikut, Febrian Manewus kelas 12 Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Airmadidi ini mengatakan, dirinya merasa senang bisa lolos dan ikut training bersama teman – temannya yang lain. “Saya senang dan bersyukur bisa terpilih dan bisa mengikuti kegiatan ini, dimana bisa menambah ilmu dari pada ahlinya,” kata dia.

Lanjut dia, dirinya tentunya akan merasa sangat senang kalau pihak perusahaan bisa merekrut menjadi karyawan kalau lulus nanti. “Pelatihan training ini sangat membantu sekali bagi kami dimana dapat ilmu dan materi baru dan bisa langsung praktek,” katanya.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.