SMAN 1 Kauditan Kembangkan Musik Kolintang

by

Manado – SMA Negeri 1 Kauditan dibawah Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut yang terletak di Minahasa Utara, akan kembangkan musik kolintang dalam 3 bulan kedepan.

Kepala SMA Negeri 1 Kauditan, Voune Etli Tampi saat ditemui disekolahnya pada Kamis ( 8/8/2019) menjelaskan, pada tahun 2019 ini sekolah mereka kecipratan program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI belerjasama dengan Dikda Sulut. “Mulai minggu depan para siswa sudah mulai latihan yakni ada 10 siswa yang dipilih dengan latihan 2 kali dalam seminggu selama 3 bulan kedepan dan guru musik kolintang mereka adalah Teni Pongo,” ungkap Tampi.

Kata dia, semuanya ada 24 kali pertemuan atau latihan yaitu selama 3 bulan dimulai bulan Agustus sampai Oktober 2019. “Mereka akan melakukan pementasan seni musik kolintang¬† pada rangkaian Chrismast Festival 2019,” ungkap dia.

Kepala SMAN 1 Kauditan Voune Etli Tampi.

Lanjut dia, program seniman masuk sekolah sangatlah bermanfaat sekali bagi para siswa untuk mengembangkan minat bakat seni bagi mereka. “Program seniman masuk sekolah adalah program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Daerah Sulut dan ini sangatlah bermanfaat bagi pengembangan siswa,” cetusnya.

Lanjut Tampi, sebelum program seniman masuk sekolah, SMAN 1 sudah 3 kali ikut kegiatan nasional dengan lomba musik kolintang yakni pertama di senayan city Jakarta, di Surabaya dan di Semarang pada Tahun 2018 lalu. “Pada Tahun 2018 lalu siswa kami pernah meraih juara 3 lomba ansambel musik kolintang kayu tingkat nasional di surabaya kategori SMA dan Mahasiswa dalamrangka HUT Kota Surabaya,” tutupnya.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.